majalahtabligh.com

Luhut Targetkan Jumlah UMKM Bertambah 6 Juta Tiap Tahun


JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan pemerintah menargetkan pada 2023 ada tambahan 30 juta UMKM baru di Indonesia. Dengan target tersebut maka setiap tahunnya akan ada penambahan 6 juta UMKM baru.

"Saya cukup senang 659 UMKM hadir di sini, saya berharap ke depan setia daerah yang dilakukan bertambah terus. UMKM ini adalah backbone ekonomi kita, ada 64 juta, kita punya target 2023 ada 30 juta UMKM, target 6 juta UMKM per tahun," ujar Luhut, Senin (11/1).

Menurut Luhut, produk UMKM buatan Indonesia semakin baik, tidak hanya sekedar omongan semata. Untuk itu dia mengajak masyarakat untuk membeli dan bisa menggunakan produk buatan Indonesia.

"Kalau boleh saya sampaikan, makanan di rumah hampir semua beli dari dalam, ternyata banyak yang bagus-bagus buatan kita, ini akan mendorong sistem penjualan luring-daring. Produk UMKM kita terus dorong, ayo di tempat masing ke depankan, kami terus berharap muncul produk artisan di marketplace kita, kita pantau terus perkembangannya," jelasnya.

Dia menjelaskan, tahun ini gerakan Bangga Buatan Indonesia digelar di Bali yang selanjutnya akan digelar di provinsi lainnya. Target 2020 ada 2 juta UMKM, sehingga akhir 2020 ada 11,7 juta .

Target tersebut sampai 2023, dimana jika tidak kerja sama kompak, gerakan ini menurutnya tidak akan berhasil. "Peran BCA, BI, menteri, kita harus bahu membahu UMKM bisa hasilkan kualitas bermutu, seluruh pemangku kepentingan bersatu meningkatkan kualitas dan penjualan produk," paparnya. []

Sumber : Republika


Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

Pebisnis Muslim News adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar