majalahtabligh.com

Bank Al Rajhi, Bank Syariah Terbesar di Dunia

PebisnisMuslim.Com, Riyadh, 18 Syawwal 1436/3 Agustus 2015 – Daftar terbaru peringkat bank syariah di dunia  berdasarkan  jumlah asset, menunjukkan  Bank Saudi Al Rajhi pada peringkat pertama dengan asset lebih dari 82 miliar dolar AS, diikuti oleh bank Finance Kuwait dengan asset sebesar 56,8 miliar dolar AS , Bank Dubai Islamic sebesar 33, 73 miliar dolar AS, dan Bank Syariah Abu Dhabi sebesar 30,49 miliar dolar AS.
Peringkat ini disusun 0leh  ‘The Islamic Bank Bagan’ yang dirilis oleh IslamicFinance.com sebagaimana dilaporkan International Islamic News Agency (IINA) dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Senin (3/8).
Secara keseluruhan, aset keuangan Islam terkonsentrasi di Timur Tengah dan Asia, meskipun terdapat sejumlah pasar yang baru berkembang.
Dari segi kawasan, Kawasan GCC menduduki proporsi terbesar asset perbankan syariah yang merupakan 37,6 persen dari total aset keuangan Islam global.
Disusul wilayah Timur Tengah dan Afrika Utara (tidak termasuk GCC) menempati urutan kedua, dengan pangsa 34,4 persen di mana Iran menjadi yang paling dominan, kemudian wilayah Asia menempati peringkat ketiga, mewakili pangsa 22,4 persen dalam total global, sebagian besar dipelopori oleh pasar keuangan Islam Malaysia.
Bank peringkat pertama, Bank Al Rajhi didirikan di Riyadh, pada tahun 1957,  karyawan sebanyak lebih dari 8.400 orang, memiliki jaringan luas lebih dari 500 cabang, lebih dari 100 cabang khusus untuk muslimah, lebih dari 4.030 ATM . Cabang pertama dibuka di Aldirah pada tahun 1957, sedangkan cabang muslimah  pertama dibuka di Al-Shmaisi pada tahun 1979.
Sumber: MINA MirajNews
Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

Pebisnis Muslim News adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar