majalahtabligh.com

Pemerintah Harus Koreksi Harga Jual BBM

PebisnisMuslim.Com, Jakarta - Pemerintah bersama PT Pertamina (Persero) sebaiknya segera melakukan evaluasi harga jual BBM yang belum dikoreksi kembali selama lebih dari tiga bulan terakhir, sementara Permen 39 ESDM menyatakan harga BBM dievaluasi setiap bulan, terlebih sangat penting melakukan evaluasi harga saat ini mengingat harga minyak dunia mengalami penurunan harga.
Energy Watch Indonesia, Ferdinan Hutahean mengatakan, ini momen penting dan tepat untuk melakukan evaluasi harga sekaligus merevisi Permen ESDM No 39 yang menyatakan evaluasi harga BBM setiap bulan menjadi evaluasi setiap 6 bulan sekali.
"Ini waktu yang tepat dan bisa diberlakukan mulai 1 September 2015," kata Ferdinan di Jakarta, Minggu (23/8/2015).
Evaluasi harga BBM ini kata Ferdinan, karena fluktuatifnya harga minyak dunia, maka Pemerintah perlu pula menjelaskan alasan itu ke publik sehingga Pemerintah tidak menurunkan harga jual BBM dan juga menjelaskan berapa besar keuntungan yang diperoleh Pemerintah ketika tidak menurunkan harga jual BBM disaat turunnya harga minyak dunia.
Ferdinan menambahkan, rakyat juga harus diberikan kepastian tentang harga ini supaya tidak menjadi isu politik yang dijadikan merongrong Presiden.
"Negara ini butuh kondusifitas politik supaya ekonomi bisa dibangun sesuai program dan target target Pemerintah,"tegasnya.
Dalam kesempatan evaluasi kali ini juga, Pemerintah diharapkan segera memutuskan adanya alokasi dana cadangan di APBN untuk stabilisasi harga BBM, apabila dalam kurun waktu yang ditetapkan harga minyak berfluktuasi naik dan Pertamina dalam posisi tidak dibolehkan menaikkan harga jual oleh pemerintah, maka atas instruksi Presiden dana cadangan tersebut bisa diambil oleh Pertamina guna menghindari kerugian yang timbul karena Pertamina harus menjual rugi BBM sebagai akibat dari penugasan negara terutama pada Premium RON 88.
"Hal tersebut sangatlah penting, hakikinya dana tersebut adalah dana cadangan yang hanya boleh dipergunakan bila harga jual BBM di bawah harga keekonomian," tukasnya.
Sumber: Okezone
Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

Pebisnis Muslim News adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar