majalahtabligh.com

Dolar AS Tembus Rp 14.600, Bagaimana Proyeksi di 2016?

PebisnisMuslim.Com, Jakarta - Nilai tukar rupiah masih berada dalam tren pelemahan terhadap dolar Amerika Serikat (AS) sampai sekarang. Dolar bahkan sudah menembus level Rp 14.600.

Pergerakan ini merespon keputusan Bank Sentral AS Federal Reserve (The Fed) yang menahan suku bunga acuan dan memperpanjang masa ketidakpastian bagi pelaku pasar keuangan. Di samping juga adanya proyeksi dari kondisi perekonomian China dan harga komoditas internasional.

Kepala Ekonom PT Bank BII Juniman menilai pelemahan rupiah memang sulit dihindari. Hampir semua mata uang, khususnya negara berkembang mengalami hal yang sama. 

"Tiga pejabat the Fed lain yaitu John Williams, James Bullard, dan Jeffrey Lacker, memberi arahan kebijakan moneter Hawkish bagi the Fed pada akhir tahun ini. Dennis Lockhart tetap yakin bank sentral akan menaikkan suku bunga tahun ini, bahkan ketika gejolak pasar keuangan meningkatkan risiko prospek ekonomi dan inflasi di Amerika Serikat. Pernyataan ini meningkatkan daya tarik terhadap aset berdenominasi US$," paparnya, Kamis (24/9/2015).

Riset BII memaparkan bila dolar masih berada di atas Rp 14.000 sampai akhir tahun, maka proyeksi rata-rata nilai tukar pada 2015 diproyeksikan Rp 13.559. Sementara untuk tahun depan, kondisi nilai tukar diproyeksikan lebih baik.

Rata-rata nilai tukar di 2016, mencapai Rp 13.805. Hampir sama dengan proyeksi yang disampaikan Bank Indonesia (BI) yang sebesar Rp 13.900.

Pelemahan nilai tukar masih akan terjadi hingga kuartal pertama di 2016. Akan tetapi, pada kuartal selanjutnya akan ada penguatan yang cukup signifikan. Faktor pendorongnya adalah perbaikan ekonomi global dan dalam negeri serta makin berkurangnya ketidakpastian di pasar keuangan.

"Rata-rata di tahun depan Rp 13.805," sebutnya.
Sumber: detikfinance
Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

Pebisnis Muslim News adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar