majalahtabligh.com

Tatang Nurhidayat Ketua Umum Baru Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia

Jakarta - Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI) memiliki Ketua Umum baru. Tatang Nurhidayat terpilih sebagai Ketua Umum menggantikan Ahmad Sya’roni.

Pemilihan itu diselenggarakan pada Rapat Anggota Tahunan (RAT) dan Rapat Anggota Luar Biasa (RALB) AASI. RAT dan RALB ini, menyesuaikan dengan kondisi pandemi yaitu diselenggarakan melalui video conference.

Pada kesempatan acara yang berlangsug 30 Juni 2020 ini, Wakil Presiden Republik Indonesia sekaligus Ketua Dewan Penasehat AASI Ma’ruf Amin memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi RAT/RALB.  Sambutan lain disampaikan Riswinandi, selaku Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non-Bank, Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Hadir pada acara pembukaan 117 peserta, yang berasal dari perwakilan Perusahaan Anggota AASI, OJK, Dewan Penasihat dan Pengurus AASI periode 2017-2020. RAT kali ini terdiri atas beberapa agenda yang perlu mendapatkan persetujuan Anggota.

Pengurus menyampaikan kegiatan yang telah dilaksanakan sepanjang tahun 2019 lalu, dan sudah mendapat persetujuan Anggota. Selanjutnya, Pengurus menyampaikan usulan Rencana Kerja dan Biaya untuk tahun 2020 yang juga sudah mendapatkan persetujuan Anggota. Termasuk dalam RAT kali ini persetujuan Anggota terkait Laporan Konsolidasi AASI termasuk entitas anak.

Untuk RALB, agenda utama adalah berupa pemilihan Ketua Umum AASI untuk masa bakti tahun 2020-2023. Ketua Umum sebelumnya, Ahmad Sya’roni menyatakan tidak bersedia untuk dicalonkan kembali untuk periode kedua kali.

Untuk itu, sesuai Anggaran Dasar AASI, mekanisme pemilihan ketua umum harus dilakukan melalui RALB. Secara total, terdapat 17 nama yang dicalonkan oleh perusahaan Anggota.

Namun, setelah melalui proses verifikasi dan konfirmasi hanya terdapat tiga kandidat yang bersedia dicalonkan sebagai Ketua Umum. Melalui mekanisme pemungutan suara sebanyak dua putaran, Tatang Nurhidayat memperoleh 68 persen suara dan terpilih sebagai Ketua Umum untuk tiga tahun ke depan. Kandidat lain adalah Srikandi Utami dan Reza Ronaldo.

“Kita semua berharap ke depannya, Ketua Umum terpilih dan Pengurus periode 2020-2023 dapat menjalankan kepemimpinan AASI dengan amanah dan semakin meningkatkan peran industri asuransi syariah, utamanya menjelang penerapan batas waktu pemisahan unit syariah sesuai amanat UU 40 tahun 2014,” pungkas AASI, dalam keterangan yang diterima, Rabu (1/7). []

Sumber: ShariaNews
Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

Pebisnis Muslim News adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar