Muamalat Salurkan Beasiswa Rp 319 Juta ke IPB University


JAKARTA
-- Laznas Baitulmaal Muamalat (BMM) bersama PT Bank Muamalat Tbk melakukan seremonial penyerahan bantuan pendidikan berupa beasiswa kepada mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) Univeristy. Seremonial penyerahan beasiswa dilakukan secara online pada hari Senin, (7/12).

Beasiswa yang diberikan merupakan program Beasiswa Sarjana Muamalat yang saat ini bekerjasama dengan 20 universitas di seluruh Indonesia, salah satunya adalah IPB University. Beasiswa kali ini diberikan kepada 9 (sembilan) mahasiswa IPB dalam jangka waktu 2 tahun, khususnya yang berada di semester 5, 6, 7, dan 8. Adapun beasiswa yang diberikan yaitu senilai Rp. 319.200.000 yang berupa bantuan SPP selama 4 (empat) semester dan uang saku sebesar Rp 700 ribu per bulan.

Seremoni penyerahan bantuan beasiswa tersebut diserahkan oleh Plt. Direktur Eksekutif BMM Novi Wardi kepada Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, Dr. Ir. Drajat Martianto, M.Si. 

“Beasiswa Sarjana Muamalat yang diberikan tak hanya berupa pembiayaan, namun kami juga memberikan pendampingan dan pembinaan secara intensif untuk mahasiswa baik dari sisi leadership, social activity maupun career planning,” ungkap pria yang akrab disapa Novwar itu.

Sedangkan, Drajat menyampaikan dalam sambutannya, lebih dari 50 persen mahasiswa di IPB orang tuanya memiliki pendapatan kurang dari Rp 4juta. Sebagian diantaranya mengalami kesulitan, apalagi dimasa pandemi seperti sekarang ini. Sehingga menurut dia pemberian beasiswa ini sangat membantu mereka yang memerlukan. 

"Semoga 9 orang penerima beasiswa ini ketika nanti lulus, Insya Allah akan bisa mengangkat derajat keluarganya. Karena hal ini sudah terbukti dari berbagai kesempatan yang kami lihat, yang dahulunya penerima beasiswa umumnya menjadi orang yang sukses dan sekarang sudah bisa membiayai keluarganya. Manfaatnya begitu banyak, tidak hanya meluluskan 9 mahasiswa, tetapi juga membantu perubahan status sosial keluarga. Tentu ini menjadi keberkahan bagi Bank Muamalat dan BMM dan dirasakan manfaatnya dunia akhirat," ucap dia.

Di momen yang sama, Bank Muamalat dan IPB University juga melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) yang diwakili oleh Direktur Retail Banking Bank Muamalat Purnomo B. Soetadi dan Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Sistem Informasi, Prof. Dr. Ir. Dodik Ridho Nurrochmat, M.Sc., F.Trop., IPU perihal kerjasama pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dan pelayanan perbankan.

Dalam sambutannya Purnomo mengatakan bahwa kerja sama dengan IPB University ini merupakan yang kedua kalinya setelah sebelumnya sudah bekerja sama pada tahun 2014 lalu. Dirinya berharap kerja sama ini dapat terus berlanjut kedepannya.

“Semoga kedepannya melalui kolaborasi kerjasama ini semakin banyak masyarakat di Indonesia yang berhijrah untuk menggunakan produk keuangan berbasis syariah. Kami juga berharap kerja sama ini dapat berjalan dengan lancar dan panjang serta mendatangkan manfaat bagi kedua belah pihak,” ujarnya.

Dengan adanya bantuan pendidikan melalui Beasiswa Sarjana Muamalat kepada IPB University, semoga dapat membantu para mahasiswa dalam meraih cita-citanya, meskipun ditengah segala keterbatasan yang ada. Terlebih lagi, dengan adanya kerjasama yang terjalin baik antara BMM, Bank Muamalat dan IPB University ini, diharapkan akan banyak lagi kelanjutan program kerjasama lainnya yang dapat memberikan manfaat lebih banyak lagi kepada masyarakat secara luas. []

Sumber: Republika

Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

PebisnisMuslim.com adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar