Produk Digital

Inflasi Desember 0,45 Persen, Tertinggi Sepanjang 2020


JAKARTA -- Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, inflasi pada Desember sebesar 0,45 persen yang menjadi inflasi tertinggi sepanjang 2020. Inflasi pada bulan lalu terutama disebabkan kenaikan harga sejumlah bahan makanan, seperti cabai merah hingga cabai rawit.

Deputi Bidang Statistik, Distribusi dan Jasa BPS Setianto menjelaskan, kelompok makanan, minuman dan tembakau memberikan andil terbesar pada inflasi Desember. Inflasinya mencapai 1,49 persen dengan kontribusi terhadap inflasi 0,38 persen.

Beberapa bahan makanan yang berkontribusi signifikan adalah cabai merah dengan sumbangan 0,12 persen. "Telur ayam ras (sumbangannya terhadap inflasi) 0,06 persen dan cabai rawit andilnya 0,05 persen," tuturnya dalam konferensi pers secara virtual pada Senin (4/1).

Penyumbang terbesar kedua adalah sektor transportasi dengan andil 0,06 persen dan inflasi 0,46 persen pada bulan lalu. Setianto menuturkan, utamanya disebabkan oleh kenaikan harga angkutan udara dengan andil 0,05 persen terhadap inflasi Desember.

Di sisi lain, komponen perawatan pribadi dan jasa lainnya justru mengalami deflasi pada Desember, yakni 0,29 persen dengan andil 0,02 persen. "Ini adalah akibat dari penurunan harga emas perhiasan," kata Setianto.

Dari 90 kota Indeks Harga Konsumen (IHK), sebanyak 87 kota mengalami inflasi, sedangkan tiga lainnya mengalami deflasi. Kota dengan inflasi tertinggi adalah Gunungsitoli, Sumatera Utara, sebesar 1,87 persen. Penyebab utamanya, kenaikan harga cabai merah dengan andil 0,64 persen dan cabai rawit yang menyumbang 0,38 persen.

Sementara itu, kota dengan deflasi tertinggi terjadi di Luwuk, Sulawesi Tengah. Besaran deflasinya adalah minus 0,26 persen yang terutama disebabkan penurunan harga cabai merah hingga memberikan kontribusi 0,1 persen dan angkutan udara menyumbang 0,09 persen.

Setianto menambahkan, apabila dilihat perkembangan tingkat inflasi dari Januari hingga Desember, inflasi bulanan sepanjang 2020 terus mengalami peningkatan sejak Oktober. Dari level 0,07 persen pada Oktober, inflasi beranjak naik ke 0,28 persen pada November hingga 0,45 persen pada Desember.

Dengan inflasi bulan lalu sebesar 0,45 persen, BPS mencatat, inflasi tahunan dan inflasi tahun kalender 2020 sebesar 1,68 persen. []

Sumber : Republika

Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

PebisnisMuslim.com adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar