majalahtabligh.com

Pengembangan SDM Dinilai Jadi Tantangan Indonesia


JAKARTA -- Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) atau Kepala Badan Pertahanan Nasional (BPN) Sofyan Djalil mengatakan, pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas menjadi tantangan besar Indonesia. Menurutnya selama ini SDM masih menjadi masalah. 

"SDM menjadi masalah paling parah di semua lini. Apalagi kalau tidak bisa mendidik SDM secara cepat," ujar dia dalam webinar yang digelar Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI), Selasa (12/1).

Ia menyebutkan, jika pertumbuhan ekonomi nasional mencapai 7 persen, akan mempercepat penyerapan tenaga kerja. Sementara bila hanya tumbuh 5 persen, angkatan kerja tidak mampu terserap. "Kita akan mampu menciptakan lapangan kerja cukup di Indonesia. Hanya saja itu perlu SDM bagus di semua lini, jadi bagaimana kita persiapkan SDM yang siap pada semua lini," jelasnya.

Sofyan melanjutkan, SDM yang tidak memiliki kompetensi dapat menjadi beban. Baginya, ini tantangan yang dihadapi perekonomian terkait SDM.  Pada kesempatan itu, dirinya pun mengatakan, keberadaan Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) akan mempermudah izin usaha. Terutama bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). "Pemerintah sudah mengidentifikasi, di negeri kita banyak aturan. Ada kawan mau investasi tambak udang, urus izinnya sampai 8 bulan. Kemudian izin bermacam-macam perlu waktu lama," ujar Sofyan. 

Pemerintah, menyadari regulasi di Tanah Air membuat pengusaha enggan berkembang. Kalaupun berkembang, lanjutnya, tidak bisa naik kelas. 

Sumber : Republika

 

Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

Pebisnis Muslim News adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar