Unilever Luncurkan Muslim Centre of Excellence


JAKARTA -- PT Unilever Indonesia Tbk meluncurkan Unilever Muslim Centre of Excellence (MCOE), Kamis (8/4). President Director PT Unilever Indonesia Tbk, Ira Noviarti menyampaikan Unilever MCOE tersebut didirikan sejalan dengan Masterplan Ekonomi dan Keuangan Syariah Indonesia yang bertujuan menjadikan Indonesia sebagai pemain terdepan dalam industri halal.

"Unilever MCOE memperkuat komitmen kami untuk mendorong pengembangan rantai nilai halal Indonesia dan global," katanya dalam peluncuran Unilever MCOE, Kamis (8/4) secara virtual.

Ira mengatakan Unilever MCOE akan menjadi pusat inovasi dan percontohan bagi market Unilever global. Sebagai perusahaan multinational yang berada di 180 negara, penempatan Centre of Excellence di Indonesia berdasar pada karakteristik pasar Muslim Indonesia yang sangat beragam, dinamis, dan bertumbuh sangat signifikan.

Menurut Ira, ke depannya Unilever MCOE akan menaungi berbagai kolaborasi segala lini, mulai dari regulator, institusi, hingga organisasi masyarakat. Unilever MCOE akan menjadi pusat insight bagi kebutuhan Muslim di Indonesia dan dunia.

"Ke depan, Unilever MCOE akan kolaborasi dengan enam pusat pengembangan global, organisasi masyarakat, juga civitas akademika, kami akan optimalkan kapasitas inovasi Unilever," katanya.

Pengembangan akan berkonsep digital sehingga mempercepat eksekusi ide, pengembangan produk, pembuatan, hingga dicoba langsung oleh konsumen. Hal tersebut juga akan berdasar pada kebutuhan dari konsumen Muslim.

Melalui berbagai fasilitas dan kolaborasi yang ada, Unilever MCOE akan mampu melahirkan blueprint yang dapat dimanfaatkan bagi market Muslim, tidak hanya di Indonesia tapi juga dunia. Sekaligus mendorong volume ekspor produk halal Indonesia ke berbagai pelosok dunia.

"Ini sesuai dengan visi kita semua untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat ekonomi syariah dunia," katanya.

Direktur Eksekutif Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah, Ventje Rahardjo menyampaikan Unilever MCOE bekerja sama dengan KNEKS yang juga punya tugas implementasi MEKSI. MCOE merupakan awalan baik dan perlu ditiru oleh berbagai pelaku industri lain.

Keberadaan Unilever MCOE dapat meningkatkan peranan Indonesia sebagai pusat inovasi produk halal global. Memperkuat riset, inovasi, dan pengembangan dapat mengakselerasi market masyarakat Muslim Indonesia.

Tidak lepas dari itu, dengan program pemberdayaan yang akan dilakukan oleh Unilever MCOE, maka dapat mempercepat dukungan industri bagi ekonomi masyarakat. Ia berharap, kolaborasi dan upaya seperti ini bisa terus dilahirkan untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat ekonomi syariah global. []

Sumber : Republika

Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

PebisnisMuslim.com adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar