Produk Digital

Mengenal Perbedaan Google dan DuckDuckGo


 

Google adalah salah satu perusahaan terbesar di dunia. Meskipun perusahaan ini telah berkembang ke banyak bidang di kehidupan kita, Google masih dikenal sebagai mesin pencarian atau search engine. Agar layanan mereka tetap bisa diakses secara gratis, Google mencatat sejumlah besar data tentang kebiasaan online kita. Data tersebut digunakan untuk menunjukkan kepada kita iklan bertarget yang menjadi sumber pendapatan utama Google.

Jika Anda mencari alternatif dari Google yang berfokus pada privasi pengguna, maka mesin pencarian DuckDuckGo mungkin adalah jawabannya.DuckDuckGo menyebut dirinya sebagai "mesin pencarian yang tidak melacak Anda".

Sebagian besar mesin pencarian akan mengumpulkan dan menyimpan data penelusuran, bahkan Google akan menautkan data tersebut ke akun Anda. Informasi yang direkam digunakan untuk mempersonalisasi hasil pencarian Anda, kemudian Google akan menunjukkan iklan bertarget kepada Anda..

Tetapi DuckDuckGo (DDG) tidak akan melacak Anda dan memilih untuk tidak mempersonalisasi hasil pencarian Anda.

Situs ini terus berkembang sejak awal kemunculannya, dari rata-rata 79.000 pencarian dalam satu hari pada tahun 2010, menjadi 79 juta setiap hari dan 61 miliar total pencarian pada November 2020.

Beberapa faktor dari pertumbuhan ini disebabkan oleh kemitraan DDG dengan browser seperti Firefox dan Safari Apple. Mereka juga telah bermitra dengan banyak sistem operasi Linux dan memiliki aplikasi asli untuk Android dan iOS. Pada bulan Maret 2019, DuckDuckGo bisa ditambahkan ke daftar penyedia pencarian default di Google Chrome.

Bagi mereka yang ingin mengambil anonimitas selangkah lebih maju, pengguna browser TOR disajikan dengan hasil pencarian DuckDuckGo secara default. DDG berfokus pada kualitas hasil pencarian daripada kuantitas, dengan hasil pencarian yang berasal dari lebih dari 400 sumber.

Jika Anda masih menginginkan hasil alternatif lainnya, DDG menyediakan fitur yang memungkinkan Anda untuk mencari situs pihak ketiga dan bahkan penyedia pencarian lainnya secara langsung.

Google Dapat Melacak Pencarian Anda, Sedangkan DuckDuckGo Tidak

Tanpa disadari, Anda berbagi rahasia dengan mesin pencari, seperti masalah medis, keuangan, dan masalah personal setiap harinya. Semua informasi tersebut sifatnya privat, Mesin pencarian Google akan melacak pencarian Anda, mengunduhnya, dan mengemasnya ke dalam profil data bagi pengiklan untuk mengikuti Anda di internet melalui iklan spanduk yang dapat mengganggu. Mereka menggunakan jaringan iklan besar Google, yang disematkan di jutaan situs dan aplikasi.

Ini berbeda dengan DuckDuckGo (DDG). Saat Anda menelusuri kata 'mobil', DDG dapat menampilkan iklan mobil tanpa mengetahui rahasia atau data apa pun tentang Anda. Begitulah cara DDG menghasilkan uang dan tidak melibatkan pelacakan karena didasarkan pada kata kuncinya dan bukan orangnya. Google juga bisa melakukan ini; tetapi mereka hanya memilih untuk tidak melakukannya, karena semua pelacakan yang dilakukan pengguna adalah untuk memperkuat jaringan iklan mereka sehingga iklan tersebut dapat mengikuti Anda di internet menggunakan riwayat pencarian dan informasi lain yang mereka miliki tentang Anda.

Mode incognito juga sebenarnya tidak akan melindungi Anda. Mode incognito sebenarnya sama sekali bukanlah sebuah 'penyamaran'. Mode ini hanya menghapus riwayat penjelajahan lokal Anda setelah melakukan sesi di perangkat Anda, tetapi tidak melakukan upaya apa pun untuk menghentikan situs web termasuk Google dalam melacak jejak Anda melalui alamat IP dan mekanisme pelacakan lainnya seperti browser fingerprint.

Untuk menjaga pencarian Anda tetap privat dan di luar profil data, pemerintah, dan permintaan hukum lainnya, Anda perlu menggunakan DuckDuckGo. DDG tidak melacak Anda sama sekali, apa pun mode penjelajahan yang Anda gunakan.

DuckDuckGo sama sekali tidak menyimpan apa pun yang dapat menghubungkan penelusuran dengan data Anda secara pribadi, atau bahkan menghubungkannya ke dalam riwayat penelusuran yang nantinya dapat dihubungkan kembali dengan Anda.

Google Memiliki Pelacak Di Berbagai Platform

Google dapat melacak Anda di luar mesin pencari mereka. Anda mungkin menyadari bahwa mereka juga dapat melacak Anda di YouTube, Gmail, Chrome, Android, Gmaps, dan semua layanan lain yang mereka jalankan. Untuk itu, disarankan untuk menggunakan cara alternatif seperti DuckDuckGo untuk melakukan pencarian. 

Apa yang mungkin tidak Anda sadari, bahwa pelacak Google sebenarnya telah bersembunyi di balik 75% dari jutaan situs web teratas. Untuk memberi Anda gambaran tentang seberapa besar angka tersebut, Facebook menjadi situs berikutnya dengan angka 25%. Ini menjadi taruhan yang besar bahwa setiap situs acak yang Anda buka di internet akan memiliki pelacak Google yang bersembunyi di dalamnya. Baik Google atau Facebook, mereka benar-benar mendominasi sektor periklanan online. Kunci keberhasilan mereka  adalah melalui semua pelacak yang tersembunyi ini.

Google Analytics dipasangkan pada sebagian besar situs, melacak Anda di balik layar monitor, dan memberi tahu pemilik situs web siapa yang mengunjungi situs mereka, tetapi juga memberi informasi tersebut kembali ke Google. Sama untuk iklan itu sendiri, Google menjalankan tiga jaringan iklan non-penelusuran terbesar yang dipasang di jutaan situs dan aplikasi, yakni Adsense, Admob, dan DoubleClick.

Anda mungkin tahu iklan-iklan yang terus mengikuti Anda kemana-mana? Sebagian besar dari iklan tersebut sebenarnya dijalankan melalui jaringan Google Ads, di mana mereka membiarkan pengiklan menargetkan Anda melalui riwayat pencarian, riwayat penjelajahan, riwayat lokasi, dan informasi pribadi lainnya yang sudah mereka kumpulkan. Bahkan mereka juga memungkinkan pengiklan seperti maskapai penerbangan untuk membebankan harga yang berbeda berdasarkan informasi pribadi Anda.

Iklan ini tidak hanya mengganggu, tetapi juga benar-benar dirancang untuk memanipulasi Anda melalui penargetan untuk membuat Anda membeli lebih banyak barang, dan tindakan yang dilakukan oleh Google ini mengambil keuntungan dari informasi pribadi Anda.

DuckDuckGo telah mengembangkan hasil pencarian yang aman, untuk melindungi Anda ke mana pun Anda pergi di dunia internet. Ekstensi browser dan aplikasi mobile DuckDuckGo juga sudah tersedia bagi semua browser dan perangkat utama, dan memiliki fitur untuk memblokir pelacak Google, Facebook, dan banyak pialang data lainnya. Bahkan DDG memiliki fitur lebih untuk melindungi Anda, serta menyediakan enkripsi yang lebih cerdas.


Sumber : Republika

Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

PebisnisMuslim.com adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar