Produk Digital

Bank Muamalat Optimalkan Digitalisasi, Luncurkan Fitur Smart Account Opening


Peluncuran ini dirangkaikan dengan webinar “Digital Banking Experience” dalam rangka Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas). Kegiatan ini didukung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Muamalat Institute, anak perusahaan Bank Muamalat yang bergerak di bidang penelitian, pelatihan, konsultasi dan publikasi.

Saat membuka webinar Digital Banking Experience Direktur Utama Bank Muamalat – Achmad K Permana menjelaskan, pihaknya berkomitmen untuk terus melakukan optimalisasi digitalisasi di Bank Muamalat seiring perubahan gaya hidup masyarakat didalam bertransaksi.

Menurut Akhmad K Permana, Bank Muamalat telah lama membangun infrastruktur digitalnya, karena sejak lama telah menyadari konsep pelayanan industri perbankan yang telah berubah drastis menjadi konsep digital, yang memerlukan perubahan  dari sisi mindset dan infrastruktur.

Direktur Operasi Bank Muamalat – Awaldi mengatakan, perkembangan layanan berbasis digital secara umum akan terus meningkat. Hal ini seiring dengan pergeseran kebiasaan nasabah yang menjadi lebih aktif menggunakan layanan digital khususnya selama masa pandemi.

“Nasabah kami semakin sedikit yang datang ke kantor cabang dan lebih memilih bertransaksi secara digital terutama selama pandemi Covid-19. Kami memiliki nasabah yang sangat loyal, oleh karena itu kami juga ingin memberikan layanan terbaik bukan hanya secara fisik tapi juga digital,” jelas Awaldi.

Sementara itu Direktur Bisnis Ritel Bank Muamalat – Purnomo B. Soetadi mengatakan, fitur Smart Account Opening (SAO) adalah wujud layanan maksimal kepada pelanggan atau calon nasabah yang ingin membuka akun secara online. Diharapkan dengan hadirnya fitur baru ini jumlah akuisisi nasabah baru di Bank Muamalat semakin meningkat dan berdampak positif terhadap volume transaksi di aplikasi Muamalat DIN.

“Saat ini jumlah transaksi yang diproses via Muamalat DIN sudah lebih dari satu juta transaksi per bulan. Kami optimistis dengan hadirnya fitur baru ini akan membantu pembukaan rekening baru sebanyak 14 ribu sampai dengan 16 ribu per bulan. Dengan demikian terdapat potensi peningkatan jumlah transaksi sebanyak 30% per bulan,” papar Purnomo.

Untuk dapat menggunakan fitur ini calon nasabah harus mengunduh aplikasi Muamalat DIN terlebih dahulu melalui Play Store untuk pengguna sistem operasi Android dan App Store untuk pengguna sistem operasi iOS. Selanjutnya, calon nasabah perlu mengakses menu pembukaan rekening dan melengkapi data yang dibutuhkan.

Agen SalaMuamalat akan melakukan verifikasi awal lewat panggilan video melalui Muamalat DIN. Setelah data dinyatakan lengkap dan terverifikasi, nasabah akan diarahkan untuk mengunjungi kantor cabang Bank Muamalat sesuai pilihan nasabah sebelumnya atau meminta dikunjungi oleh petugas bank untuk aktivasi rekening. Dengan demikian nasabah dapat bertransaksi sepenuhnya dan dilakukan penyerahan buku tabungan serta kartu ATM.

Aplikasi Muamalat DIN sendiri pertama kali diluncurkan pada 14 November 2019 lalu. Dibandingkan dengan versi mobile banking sebelumnya, Muamalat DIN diperkaya dengan penambahan fitur yang berguna untuk memantau rekening nasabah. Rekening yang akan ditampilkan pada Muamalat DIN adalah seluruh rekening yang dimiliki oleh nasabah yang disebut dengan single portfolio view.[]


Sumber: mysharing

Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

PebisnisMuslim.com adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar