majalahtabligh.com

LPEI Fasilitasi Sertifikasi Global Bagi Pelaku UMKM


 

JAKARTA-- Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank berupaya memajukan dan mendorong terciptanya iklim usaha yang kondusif bagi peningkatan ekspor nasional. Melalui Coaching Program for New Exporters (CPNE), LPEI berupaya memajukan usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) dan koperasi demi mendapatkan produk-produk yang bernilai jual tinggi dan berorientasi ekspor.

Direktur Pelaksana II Indonesia Eximbank, Maqin U Norhadi mengatakan, upaya tersebut pada gilirannya diharapkan dapat mendukung percepatan peningkatan ekspor nasional, membantu peningkatan kemampuan produksi nasional yang berdaya saing tinggi serta memiliki keunggulan ekspor. Program CPNE dapat diikuti oleh pelaku UMKM untuk meningkatkan kapasitasnya agar bisa masuk dunia ekspor.

Perkuat Eksistensi Kelapa Sawit, PTPN VIII Sertifikasi RSPO Bandara Sultan Hasanuddin Kembali Beroperasi 24 Jam Seru Berburu Gawai di Akhir Tahun 

"Mereka akan dibekali dengan pelatihan mengenai standar kualitas produk ekspor, sertifikasi, klasifikasi harmonized system (HS Code) dan lainnya," ujar Maqin, Rabu (15/12).

Menurutnya CPNE merupakan program LPEI dalam bentuk pelatihan dan pendampingan yang berorientasi ekspor diperuntukkan bagi para pelaku usaha dan juga anggota koperasi. Adapun program pelatihan dan pendampingan ini dilakukan selama satu tahun dan tidak dipungut biaya. 

LPEI menerapkan beberapa strategi untuk membantu para  pelaku UKM agar naik kelas, salah satunya dengan mengedepankan program pengembangan masyarakat berbasis komoditas. Adapun program ini dirancang sebagai solusi bagi para pelaku usaha dan dilaksanakan secara terintegrasi seperti Desa Devisa yang merupakan program pengembangan masyarakat berbasis komoditas untuk menghasilkan devisa, dan marketing hand holding yang merupakan program memasarkan produk yang dihasilkan UKM secara digital melalui marketplace global.

Data pada akhir November 2021 lalu, kita sudah memberikan pelatihan kepada 2.706 pelaku UKM tersebar di 15 kota. Terdapat 75 pelaku usaha yang merupakan lulusan CPNE yang telah berhasil melakukan ekspor perdana serta sudah ada 6 program Desa Devisa yang melibatkan 26 desa dengan total 2.894 petani/pengrajin.

 

Sumber : Republika

Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

Pebisnis Muslim News adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar