Muamalat Bangunkan Masjid untuk Korban Gempa Mamuju


  

JAKARTA -- Bank Muamalat dan Laznas Baitulmaal Muamalat (BMM) membangun Masjid Babussalam Muamalat untuk korban gempa Mamuju, Sulawesi Barat. Pascagempa hebat yang terjadi pada tanggal 14-15 Januari 2021 di sekitar wilayah Mamuju dan Majene, sebanyak 15 ribu rumah terdampak dan sebanyak 91 ribu orang harus mengungsi di tenda-tenda darurat.

Gempa juga menyebabkan gedung-gedung dan banyak fasilitas publik lainnya luluh lantak termasuk rumah ibadah. Direktur Eksekutif Baitulmaal Muamalat Novi Wardi menyampaikan, masjid ini dibangun dalam rangka meringankan beban masyarakat terdampak.

"Masjid dibangun untuk membantu masyarakat terdampak gempa, khususnya bagi 250 warga dari 75 keluarga yang menjadi jamaah masjid, dimana sebagian besar warganya berprofesi sebagai petani dan buruh," kata Novi Wardi dalam keterangan pers, Senin (24/1/2022).

Keberadaan Masjid Babussalam yang berlokasi di Dusun Kasambang Tengah, Kel. Kasambang, Kec. Tapalang, Mamuju ini sangat diharapkan sekali oleh masyarakat. Agar memudahkan mereka untuk melakukan ibadah dan kegiatan keagamaan pascagempa.

Novi Wardi berharap keberadaan masjid yang layak, aman dan nyaman ini dapat meningkatkan ibadah vertikal kepada Allah SWT. Sehingga masyarakat dapat bangkit kembali pasca musibah yang terjadi dan tetap menjaga ketakwaan serta pentingnya nilai-nilai kebersamaan yang dibuktikan dengan dibangunnya kembali masjid ini secara gotong – royong.’

Program kerja sama ini juga dilakukan dalam mendukung tujuan-tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs). Terutama pada poin 11 dalam membangun kota dan pemukiman inklusif, aman, tahan lama dan berkelanjutan.

Yakni dengan cara menyediakan akses universal terhadap ruang-ruang publik yang aman, inklusif dan mudah diakses dengan memanfaatkan material lokal. Selain itu, dengan tambahan penyediaan fasilitas tempat wudhu dan MCK yang layak juga merupakan bagian dari tujuan SDGs poin enam yaitu memastikan ketersediaan dan manajemen air bersih yang berkelanjutan dan sanitasi bagi semua.

Masjid Babussalam tersebut telah selesai dibangun dan diresmikan pada Jumat (21/1/2022) dengan nama Masjid Babussalam Muamalat, lengkap dengan fasilitas MCK dan tempat wudhu yang layak. Bupati Mamuju Sitti Sutinah Suhardi menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya atas berbagai program pasca gempa yang dilakukan oleh BMM.

"Memang kecamatan Tapalang salah satu kecamatan yang terdampak gempa paling besar, semoga semua ini menjadikan kami semakin semangat untuk bangkit dari gempa 15 januari 2021 lalu," kata Sitti Sutinah saat peresmian.

Menurutnya, pemerintah daerah secara rutin berkoordinasi dengan pihak perbankan dalam beberapa hal termasuk dalam kegiatan sosial.


Sumber : Republika

Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

Pebisnis Muslim News adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar