Apa Itu Virtual Account, Cara Kerja, dan Metode Pembayaran

Source: techinasia.com


Virtual Account merupakan rekening buatan yang tidak benar-benar nyata atau virtual. Biasanya dalam akun ini terdapat nomor ID pelanggan yang dibuat oleh bank. Pembuatan akun dapat dilakukan sesuai permintaan perusahaan dengan tujuan untuk melakukan transaksi. Pada setiap transaksi, pelanggan akan mendapatkan satu ID akun atau biasa dikenal dengan VA number. Selanjutnya, masing-masing pelanggan diberikan virtual account yang unik dan berbeda, serta bisa diatur sesuai kebutuhan.

Apa Bedanya Transfer Manual dengan Virtual Account?

Terdapat beberapa hal yang membedakan antara transfer uang manual dengan virtual account, diantaranya adalah pelanggan harus melakukan konfirmasi setelah pembayaran selesai dilakukan melalui transfer manual. Konfirmasi tersebut biasanya dilakukan dengan mengirimkan bukti transfer berupa struk atau screen capture e-banking.

Sementara melalui virtual account, pembeli tidak perlu repot melakukan konfirmasi pembayaran. Anda hanya perlu membayar sesuai nominal pada invoice tagihan ke nomor VA milik Anda. Selain itu, ketika membayar melalui manual transfer, Anda harus melakukan pembayaran menggunakan nomor rekening bank. Sedangkan jika menggunakan VA, Anda harus menggunakan nomor VA yang berbeda-beda untuk setiap kali transaksi yang terjadi.

Apa Keuntungan Menggunakan Akun Virtual?

Pembayaran transaksi melalui virtual account dianggap lebih cepat dan praktis. Anda tidak perlu melakukan konfirmasi pembayaran melalui pengiriman bukti transfer. Pembayaran tagihan pun menjadi lebih mudah untuk setiap transaksi, karena pelanggan akan mendapatkan satu nomor ID VA yang unik sesuai dengan nominal transaksi.

Bagaimana Cara Kerja Akun Virtual?

Virtual Account membantu payment gateway seperti Xendit untuk mengidentifikasi pembayaran secara mudah. Apabila merchant memiliki tiga pembayaran sejumlah Rp 100.000, satu akundapat digunakan secara instan oleh pembeli dengan memberi mereka nomor rekening unik untuk melakukan pembayaran. Berikut mekanisme kerja VA sebagai metode pembayaran:

  1. Merchant memberitahu pembeli untuk melakukan pembayaran ke nomor invoice atau nomor VA yang spesifik untuk transaksi.
  2. Selanjutnya, setiap nomor VA akan dihubungkan kepada pembeli maupun ke dalam invoice.
  3. Saat pembayaran diterima, akan ada notifikasi balik yang dikirim ke merchant, selanjutnya merchant dapat langsung mengidentifikasi pembeli dari invoice, dimana pembayaran tersebut terjadi.


Pembayaran Melalui Akun Virtual

Memilih metode pembayaran melalui virtual account merupakan pilihan yang tepat untuk Anda. Selain lebih mudah dan praktis, membayar transaksi melalui metode ini sangat terjamin keamanannya. Berikut pembayaran melalui VA yang dapat Anda lakukan melalui berbagai Bank di Indonesia.

1. Bank BCA

Anda dapat melakukan pembayaran melalui VA Bank BCA dengan transfer ATM, transfer KlikBCA, dan transfer m-BCA. Namun untuk VA BCA hanya bisa dibayar menggunakan rekening BCA saja. Anda dapat mengikuti Panduan VA Bank BCA untuk mengetahui prosedur detailnya.

2. Bank Mandiri

Untuk Bank Mandiri, Anda dapat melakukan pembayaran dengan VA Bank Mandiri melalui transfer ATM, transfer iBanking dan transfer melalui mBanking. Adapun untuk langkah-langkah detailnya dapat Anda baca pada Panduan VA Bank Mandiri.

3. Bank BRI

Saat ini Bank BRI juga telah menyediakan layanan pembayaran melalui VA. Untuk Bank BRI, Anda dapat melakukan pembayaran melalui transfer ATM, transfer iBanking serta transfer mBanking. Anda dapat mengikuti panduan VA Bank BRI untuk mendapatkan prosedur detailnya.

4. Bank BNI

Bank BNI pun turut menyediakan layanan VA untuk mempermudah para pelanggan dalam melakukan pembayaran. Melalui VA Bank BNI, Anda dapat melakukan pembayaran melalui transfer ATM, transfer iBanking, transfer mBanking dan transfer melalui SMS Banking. Penjelasan dan langkah-langkah detail bisa Anda baca pada panduan VA Bank BNI.

5. Permata Bank

Jika Anda adalah nasabah Permata Bank, Anda bisa melakukan pembayaran tagihan melalui VA. Anda dapat membayar transaksi melalui transfer ATM Permata, transfer Internet Banking serta transfer Mobile Banking. Anda dapat mengikuti langkah-langkah pembayaran pada panduan VA Permata Bank untuk mendapatkan kemudahan pembayaran.


Fitur–fitur Akun Virtual

Biasanya virtual account menyediakan berbagai fitur yang mendukung perannya sebagai metode pembayaran yang mudah dan praktis. Berikut fitur-fitur yang tersedia.

1. Fixed vs. Non-Fixed

Fixed Virtual Account biasanya dikaitkan dengan suatu entitas yaitu pembeli akhir. Sedangkan untuk Non-Fixed Virtual Account biasanya dikaitkan dengan suatu invoice.

2. Open vs. Closed

Open Virtual Account dapat menerima nominal dengan jumlah berapa saja. Sedangkan Closed Virtual Account hanya dapat menerima pembayaran yang sudah ditentukan sebelumnya secara spesifik. Untuk Fixed Account, merchant bisa mengatur account-nya sebagai “open” atau “closed” ketika akan memberikannya kepada end customers.

3. Single vs. Multiple Use

Single Use Virtual Account hanya bisa digunakan untuk satu kali transaksi. Sementara Multiple Use Account bisa digunakan untuk beberapa kali pembayaran selama akun tersebut masih berlaku. Fitur ini hanya tersedia pada Fixed Virtual Account, karena untuk Non Fixed Virtual Account adalah tipe Single Use.

4. Masa Berlaku

VA memiliki tanggal kadaluwarsa. Apabila masa berlaku VA sudah habis, maka pembeli tidak dapat lagi membayar dengan akun tersebut. Masa berlakunya ditentukan pada saat pembuatan.

Sumber: Xendit

Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

Pebisnis Muslim News adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar