majalahtabligh.com

BSI Pastikan Tetap Dukung Pembiayaan UMKM


 

JAKARTA -- PT Bank Syariah Indonesia Tbk menyatakan komitmennya untuk meningkatkan dukungan pada UMKM pada 2022.

"Pada tahun ini, dukungan pada sektor UMKM juga tidak akan luntur," kata Alun dalam Paparan Kinerja Kuartal IV 2021 BSI di Jakarta, Rabu (2/2/2022).

Sepanjang 2021, pembiayaan kepada segmen UMKM telah mencapai Rp 39,4 triliun secara nasional dengan kualitas yang terjaga. Nilai tersebut sekitar 23,05 persen dari total penyaluran pembiayaan BSI.

BSI akan mendorong pengembangan segmen UMKM melalui BSI UMKM Center yang jumlahkan akan terus ditambah di 2022. Harapannya, ini dapat memfasilitasi UMKM di daerah untuk pemasaran, pelatihan bersama serta ajang co-working space dan berbagi informasi sesama pelaku UMKM.

"Sehingga pelaku UMKM yang merupakan tulang punggung ekonomi bangsa ini bisa kami bantu untuk terus meningkatkan skala usaha," kata Alun.

Selain itu, BSI juga telah meluncurkan program Talenta Wirausaha BSI yang merupakan program inkubator bagi para wirausahawan muda untuk membangun dan meningkatkan kapasitas usahanya. Dukungan BSI terhadap UMKM juga dimplementasikan dalam pengembangan platform per trade area, mengoptimalkan peran agregator dan reseller, hingga perluasan pasar serta peningkatan SDM.

BSI juga membantu pemerintah memberikan bantuan dana untuk UMKM melalui payung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Seperti program subsidi margin, subsidi KUR Super Mikro serta sinergi dengan berbagai kementerian dan BUMN yang memiliki UMKM binaan dengan kualitas baik.

Per Desember 2021, program restrukturisasi menjangkau 93 ribu nasabah dengan outstanding Rp 18,41 triliun. Jumlah tersebut diantaranya 65 ribu nasabah UMKM dengan outstanding Rp 8,79 triliun. Aset BSI tercatat Rp 265,29 triliun naik 10,73 persen.


Sumber : Republika 

Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

Pebisnis Muslim News adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar