Produksi Ikan Tangkap dan Rumput Laut Genjot Ekonomi Kuartal IV 2021


JAKARTA -- Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan mengalami pertumbuhan sebesar 2,28 persen dengan kontribusi sebesar 11,39 persen terhadap total produk domestik bruto (PDB) nasional. Sektor ini sekaligus menjadi penyumbang terbesar ketiga pertumbuhan ekonomi kuartal IV tahun 2021.

Kepala BPS, Margo Yuwono, menjelaskan, komoditas yang paling dominan mengalami pertumbuhan yakni dari subsektor perikanan yang tumbuh 8,99 persen.

"Pertumbuhan ini didorong oleh adanya kenaikan produksi ikan tangkap dan berkembangnya usaha budidaya rumput laut," kata Margo dalam konferensi pers, Senin (7/2/2022).

Selain dari sektor perikanan, sektor kehutanan juga mencatatkan pertumbuhan terbesar kedua yakni 4,78 persen. Margo mengatakan, tingginya pertumbuhan usaha kehutanan karena adanya peningkatan produksi hasil kayu.

"Kemudian yang terakhir adalah dari sektor pertanian yakni tanaman hortikultura tumbuh 3,8 persen. Ini didukung peningkatan produksi sayuran dan buah-buahan," ujarnya.  


Sumber : Republika

Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

Pebisnis Muslim News adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar