Sri Mulyani Gelontorkan Rp 2,7 Triliun untuk Bangun Sirkuit Mandalika


Pemerintah menggelontorkan dana Rp 2,73 triliun untuk pembangunan Sirkuit Mandalika. Dukungan pendanaan tersebut mengalir melalui suntikan dana kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) hingga fasilitas perpajakan.

"#Uangkita turut berkontribusi dalam mendukung perhelatan akbar MotoGP ini antara lain lewat penyertaan Modal Negara (PMN) dan dukungan Kementerian/Lembaga (K/L) terkait, insentif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan insentif bea masuk dan pajak impor," tulis Sri Mulyani dalam unggahan instagramnya @smindrawati dikutip Senin (21/3).

Sri Mulyani merinci dukungan pendanaan tersebut mengalir lewat PMN kepada BUMN pariwisata yakni Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) sebesar Rp 1,3 triliun. Injeksi ke ITDC ini diberikan melalui PMN tunai maupun non tunai berupa lahan, dan pembiayaan pembangunan infrastruktur dasar seperti, jalan sirkuit dan fasilitas pendukung.

Selain itu, pemerintah juga mengalokasikan Rp 1,18 triliun dari belanja K/L untuk proyek ini. Adapun penggunanya untuk membangun sarana dan prasarana di sekitar sirkuit seperti pembangunan jalan, jaringan penyediaan air, bantuan relokasi warga, pengadaan lahan sarana penunjang utama, pembangunan unti hub transportasi dan sebagainya.

Pemerintah juga memberi insentif perpajakan, yakni Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan jasa kena pajak senilai Rp 240,73 miliar. Selain itu, juga terdapat insentif bea masuk dan pajak impor yang diberikan sebesar Rp 10,41 miliar. Fasilitas perpajakan tersebut diberikan melalui skema Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

"Berkat terselenggaranya acara ini pula, kegatan perekonomoian penduduk sekitar turut berkembagkan, bahkan pembalap ikut memeriahkan acara dengan menggunakan atribut khas Indonesia seperti topi caping," ujar Sri Mulyani.

Dalam catatan ITDC, tercatat sebanyak 33 ribu penonton hadir di sesi latihan atau free practice, kualifikasi serta race. Sebelumnya, data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), saat sesi tes pramusim berlangsung pada 11-13 Februari lalu saja, sumbangannya ke ekonomi lokal sudah mencapai Rp 500 miliar dan berkontribusi terhadap terciptanya 11 ribu lapangan kerja. 

Sumber: Katadata

Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

Pebisnis Muslim News adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar