Warren Buffet Beli 11,4 Persen Saham HP Senilai Rp 60,06 Triliun


 

JAKARTA -- Saham HP melonjak ke rekor tertinggi pada perdagangan Kamis (7/4) setelah miliarder Warren Buffett melalui Berkshire Hathaway membeli 11,4 persen saham HP senilai 4,2 miliar dolar AS atau sekitar Rp 60,06 triliun. 

Berkshire mengungkapkan pihaknya telah memiliki hampir 121 juta saham HP, termasuk 11,1 juta yang dibeli minggu ini. Saham HP pun ditutup naik sebesar 14,8 persen ke posisi 40,06 dolar AS per lembar saham.

Berkshire tidak secara teratur berinvestasi di perusahaan teknologi. Meski demikian, Berkshire mengakhiri tahun 2021 dengan membeli saham Apple senilai 161,2 miliar dolar AS. Buffet melihat Apple memiliki potensi yang lebih besar. 

"Berkshire Hathaway adalah salah satu investor paling dihormati di dunia dan kami menyambut mereka sebagai investor," kata HP dalam sebuah pernyataan dikutip Reuters, Jumat (8/4/2022). 

Permintaan terhadap produk HP mulai meningkat setelah pandemi membuat orang-orang menghabiskan lebih banyak waktu untuk bekerja dan bersekolah di rumah. Pada Maret 2022, HP setuju untuk membeli produsen aksesoris audio dan video Poly seharga 1,7 miliar dolar AS. 

Analis Morningstar Mark Cash mengatakan HP mungkin menarik bagi Berkshire karena HP secara agresif mengembalikan modal kepada pemegang saham melalui pembelian kembali saham dan dividen yang lebih tinggi.

Buffet berkomitmen untuk mengalokasikan dana sejumlah 22 miliar dolar AS untuk ditanamkan pada investasi baru yang besar. Investasi yang dimaksud termasuk membeli 14,6 persen saham Occidental Petroleum dan membeli perusahaan asuransi Alleghany senilai 11,6 miliar dolar AS.


Sumber : Republika

Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

Pebisnis Muslim News adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar