728x90.id

Deretan Korporasi Besar Rambah Bank Digital: BNI Hingga Grup Emtek




Di tengah masifnya tren digitalisasi di dunia perbankan, sejumlah korporasi mulai merambah ke sektor bank digital. Di antaranya, banyak bank-bank besar yang mengakuisisi bank kecil untuk ditransformasikan menjadi bank digital, salah satunya PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI).

Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang dilaksanakan pada 15 Maret lalu, BNI telah mengantongi restu pemegang saham untuk mengakuisisi PT Bank Mayora. Nantinya, Bank Mayora akan ditransformasikan menjadi bank digital yang dikhususkan bagi segmen usaha menengah, kecil dan mikro (UMKM).

Dengan pembentukan bank digital tersebut, perseroan diharapkan dapat meningkatkan segmen UMKM yang saat ini belum terlayani secara maksimal oleh perbankan.

"Kalau UMKM dilayani dengan bank konvensional kita yang sekarang itu biayanya terlalu mahal. Kita ingin bangun suatu bank digital yang biaya operasionalnya serendah mungkin yang bisa menjangkau masyarakat banyak, sehingga UMKM kita bisa naik lagi," kata Direktur Utama BNI Royke Tumilaar, Selasa (22/3).

BNI menguasai 1,19 miliar saham atau 63,92% dari saham yang ditempatkan dan disetor dalam Bank Mayora. BNI mengambil alih Bank Mayora melalui penerbitan 1,03 miliar saham baru. Jumlah itu mewakili sekitar 54,90% dari seluruh saham yang telah ditempatkan dan disetor dalam Bank Mayora.

Sebelumnya, PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) juga mengakusisi Bank Royal pada 2019 dan merampungkan transformasinya menjadi BCA Digital pada Juli 2021. BBCA telah melakukan penamaan ulang (re-branding) PT Bank Royal Indonesia menjadi Bank Digital BCA.

Sejak pertama kali diluncurkan pada Juli 2021 lalu, saat ini jumlah pengguna akun blu by BCA Digital sudah lebih dari 675 ribu pengguna. Adapun, hingga 21 April 2022, jumlah nilai seluruh transaksi melalui BCA Digital mencapai Rp 23,7 triliun. Dari jumlah tersebut, nilai transaksi tanpa kartu mencapai Rp 87,78 miliar.

Selain itu, beberapa konglomerat di Indonesia juga mulai merambah bank digital melalui startup. Seperti Salim grup yang masuk sektor bank digital melalui startup Youtap Indonesia, yang menggaet Bank Mandiri untuk menyediakan layanan finansial dan bank digital.


Sumber: Katadata 
Penulis: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Syahrizal Sidik
Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

Pebisnis Muslim News adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar