728x90.id

Direktur IMF Serukan Modernisasi Sistem Pembayaran Internasional


Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva pada hari Selasa menyerukan modernisasi sistem pembayaran lintas batas dengan menggunakan platform digital, dengan alasan bahwa ini akan mengurangi risiko ekonomi global yang terfragmentasi.

Berbicara pada sebuah konferensi di Swiss, Georgieva menekankan bahwa sistem internasional — yang memungkinkan pergerakan modal antar negara — menghadapi tantangan besar, dimulai dengan biaya yang signifikan. Kepala pemberi pinjaman krisis yang berbasis di Washington menunjuk pada pengiriman uang yang dikirim oleh imigran ke keluarga mereka.

“Biaya rata-rata transfer adalah 6,3 persen. Artinya, sekitar $45 miliar per tahun dialihkan ke tangan perantara” daripada langsung ke penerima, yang mencakup “jutaan rumah tangga berpenghasilan rendah,” kata Georgieva.

Risiko besar lainnya adalah “fragmentasi,” katanya, mencatat invasi Rusia ke Ukraina telah menyebabkan “tidak hanya penderitaan manusia yang luar biasa, tetapi juga kejutan ekonomi global dan peningkatan tajam dalam risiko 'Perang Dingin baru.'” Godaan itu adalah bagi beberapa negara untuk mengembangkan sistem pembayaran paralel untuk mengimbangi risiko potensi sanksi ekonomi.

Tetapi “blok pembayaran” potensial ini hanya akan memperburuk dampak pengembangan “blok ekonomi” baru, dengan biaya tambahan, Georgieva memperingatkan. “Kita harus memodernisasi sistem pembayaran internasional,” katanya, menunjukkan bahwa platform digital telah menunjukkan “janji besar” dalam menghubungkan dan mengatur sistem pembayaran dengan cara yang lebih aman dan efisien.

“Bank saya di Washington mungkin menukar $10 saya dengan token digital — yang kemudian ditransfer melalui platform ke penyedia pembayaran Swiss yang mengkredit dompet teman saya di Zurich. Ini setara dengan mengirim tagihan $10 melalui surat — tetapi dengan kecepatan dan keamanan maksimum, dan biaya minimal,” kata Georgieva.

Sebuah studi dari pemberi pinjaman, yang diterbitkan Selasa, “menunjukkan bahwa aset kripto dapat digunakan untuk menghindari langkah-langkah manajemen aliran modal, merusak stabilitas ekonomi domestik dan sistem global.” Mengutip penelitian tersebut, Georgieva mengatakan: “Itulah sebabnya kami menyerukan regulasi global yang komprehensif dan terkoordinasi di bidang ini.”


Sumber: Inside Paper / https://insiderpaper.com/imf-chief-calls-for-modernization-of-international-payment-system/

Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

Pebisnis Muslim News adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar