Disdukcapil Jakarta Gandeng Gojek, Kirim KTP Lebih Cepat



 Gojek mengintegrasikan platform aplikasi Akses Langsung Pelayanan Dokumen Kependudukan Cepat dan Akurat (Alpukat Betawi) dengan layanan pengiriman instan GoSend untuk mempermudah layanan administrasi kependudukan. Alpukat Betawi sendiri merupakan aplikasi layanan milik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi DKI Jakarta.

Teuku Mufizar, Head of Regional Strategy PPGR Gojek mengatakan, warga DKI akan dapat memesan GoSend dan memantau status pengiriman melalui live tracking langsung di Alpukat Betawi.

“Kolaborasi antara layanan GoSend dan Alpukat Betawi ini meningkatkatkan efektivitas waktu dan efisiensi dalam alur pengurusan dokumen, khususnya mampu mewujudkan pengiriman dokumen kependudukan yang cepat bagi warga DKI Jakarta,” kata dia dalam siaran pers yang dilakukan secara virtual, Kamis (12/05/2022).

Terlebih di tengah pandemi, 50 persen pengajuan pengurusan dokumen kependudukan dilakukan melalui daring. Menukil data Disdukcapil DKI Jakarta, jumlah penduduk DKI Jakarta sebanyak 11.261.595 jiwa dan Disdukcapil DKI Jakarta memproses sekurangnya 350 ribu dokumen kependudukan melalui platform Alpukat Betawi sepanjang 2021.

Dengan integrasi layanan tersebut, Warga DKI Jakarta bisa langsung memesan layanan GoSend Instant maupun SameDay langsung di aplikasi Alpukat Betawi untuk pengiriman dokumen KTP dan KIA yang telah diterbitkan Dinas Dukcapil DKI Jakarta. Sementara pembayaran bisa dilakukan melalui scan QRIS dan GoPay. Layanan ini telah tersedia sejak tanggal 9 Mei 2022 lalu.

Sejak bulan lalu cetak KTP dan KIA dapat diselesaikan dalam waktu 15 menit dari sebelumnya sekitar satu jam. “Saya yakin integrasi ini membuat pelayanan kami lebih optimal dan transparan karena pendataan semua layanan telah terpusat pada satu aplikasi, dan akan meningkatkan kepuasan warga DKI terhadap layanan pemerintah, “ujar Budi Awaludin, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi DKI Jakarta.

Untuk memastikan keamanan, kerahasiaan, dan ketepatan dokumen, nomor registrasi dan informasi, mitra GoSend akan tercatat dalam sistem Disdukcapil. Dokumen yang akan dikirimkan akan dimasukan ke dalam amplop yang bersegel dan petugas Disdukcapil akan mencocokan nomor dokumen dan nomor order pengiriman pada saat pick up.

Alpukat Betawi merupakan platform pengajuan pelayanan administrasi kependudukan warga DKI Jakarta yang bisa dijangkau dalam bentuk website dan aplikasi. Lewat platform tersebut, warga dapat mengurus dokumen kependudukan seperti akta lahir, kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el), kartu keluarga (KK), kartu identitas anak (KIA), perubahan biodata, hingga akta kematian secara online.


Sumber: Republika

Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

Pebisnis Muslim News adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar