Cross-Selling Jadi Salah Satu Strategi GoTo Dorong Pertumbuhan Bisnis



 JAKARTA -- PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk telah menyiapkan sejumlah strategi untuk mendorong pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Group CEO GoTo Andre Soelistyo mengakui, pertumbuhan bisnis saat ini menjadi salah satu fokus yang ingin dicapai Perseroan.

"Dalam setiap inovasi dan kegiatan bisnis GoTo, kami berkomitmen pada tiga hal penting yaitu mencapai pertumbuhan bisnis yang berkualitas dan berkelanjutan, mempercepat profitabilitas perusahaan, serta memperkuat sinergi," kata Andre, Jumat (10/6).

Adapun strategi yang disiapkan untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan meningkatkan sinergi di antara platform yang ada dalam ekosistem GoTo. Untuk meningkatkan sinergi di antara platform, GoTo menekankan empat area sinergi yang menjadi fokus serta landasan Perusahaan dalam mengembangkan bisnis kedepannya.

Fokus tersebut antara lain GoTo akan meningkatkan cross-selling atau penjualan silang antar platform, memaksimalkan strategi hyperlocal layanan logistik dan pemenuhan mengintegrasikan layanan fintech antar platform secara lebih dalam dan meningkatkan layanan nilai tambah untuk memberi manfaat lebih bagi mitra driver dan merchant.

Fokus Perusahaan pada sinergi ekosistem, mencakup di antaranya integrasi GoPay dan produk pembiayaan konsumen ke platform Tokopedia, peluncuran sistem poin penghargaan tunggal GoPay Coins, dan peningkatan pengalaman hyperlocal dengan mengintegrasikan Tokopedia dengan armada logistik on-demand Gojek.

Dengan strategi ini, menurut Andre, GoTo mampu membukukan kinerja yang cemerlang pada kuartal I 2022. Secara proforma, pertumbuhan pendapatan bruto kuartal I 2022 mencapai 53 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya (yoy), lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan nilai transaksi bruto (gross transaction value atau GTV) sebesar 46 persen yoy.

Efisiensi operasional juga meningkat tercermin dari naiknya margin kontribusi dan margin EBITDA yang disesuaikan untuk kuartal I 2022 masing-masing 24 poin persentase dan 14 poin persentase dibandingkan dengan kuartal IV 2021. 

Selain itu, seluruh lini bisnis GoTo mengalami pertumbuhan termasuk pendapatan bruto untuk segmen on-demand sebesar 58 persen, pendapatan bruto untuk segmen e-commerce tumbuh sebesar 53 persen dan tercatatnya pengguna dan GTV paling tinggi untuk sektor financial technology.


Sumber: Republika

Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

Pebisnis Muslim News adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar