728x90.id

Kemenko: 12,8Juta Orang Tercatat Jadi Peserta Kartu Prakerja


 

JAKARTA -- Pemerintah mencatat peserta program Kartu Prakerja sebanyak 12,8 juta. Adapun realisasi ini tercatat sejak Kartu Prakerja diluncurkan sampai saat ini.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan UMKM Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Rudy Salahuddin mengatakan seluruh peserta tersebut berasal dari 34 provinsi dan 15 kabupaten/kota di Indonesia, serta berbagai daerah 3T (Terluar, Tertinggal, dan Terdepan) yang tidak pernah tersentuh oleh pelatihan.

"Ini berkat dari transformasi digital yang dilakukan oleh tim Kartu Prakerja secara end-to-end," ujarnya saat konferensi pers, Kamis (16/6/2022).

Menurutnya seluruh proses dalam Kartu Prakerja mulai dari pendaftaran, pelatihan, hingga pemberian insentif dilakukan secara digital. Saat ini sudah terdapat ekosistem yang luar biasa dalam Kartu Prakerja serta kolaborasi dan sinergi dengan seluruh ekosistem yang ada.

“Ekosistem tersebut adanya enam platform digital, enam mitra pembayaran , empat portal pekerjaan, delapan institusi pendidikan, 171 lembaga pelatihan, dan lebih dari seribu pelatihan aktif dalam program Kartu Prakerja,” ucapnya.

Melihat capaian dan dampak yang luar biasa besar dari Program Kartu Prakerja, Presiden Joko Widodo pun meminta penyelenggaraan acara Temu Raya Prakerja yang akan dihadiri berbagai Alumni Kartu Prakerja. Adapun acara ini akan diselenggarakan pada 17 Juni 2022 pukul 14.00 WIB di Sentul International Convention Center (SICC).

Acara tersebut akan melibatkan delapan ribu Alumni Kartu Prakerja dari seluruh Indonesia. Dari acara tersebut diharapkan akan semakin banyak lagi masyarakat yang bisa memanfaatkan program Kartu Prakerja lantaran pada tahun ini pemerintah masih akan membuka gelombang perekrutan dengan kuota yang luar biasa besar.

Sementara itu Direktur Pelaksana Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari menambahkan acara tersebut bertujuan untuk menjalin silaturahmi dan mendengarkan kisah dari penerima sekaligus untuk memberikan motivasi dan informasi tentang pekerjaan dan keterampilan yang dibutuhkan masa depan. Dari delapan ribu peserta yang hadir, sebagian besar akan dihadiri oleh peserta dari Jabodetabek sisanya peserta-peserta yang secara sukarela datang hadir di SICC.

"Mereka ini datang dari Aceh Besar, kab. Hulu Sungai Tengah, kab. Ketapang, kab. Kolaka, kab. Mamasa dan lain sebagainya," ucapnya


Sumber: Republika

Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

Pebisnis Muslim News adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar