728x90.id

Wapres KH Ma'ruf Amin Sebut Pentingnya Jihad Ekonomi



Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) KH Ma’ruf Amin berkesempatan menghadiri agenda Tabligh Akbar Muharram 1444 Hijriah yang digelar oleh Majelis Rasulullah di Masjid Istiqlal Jakarta, pada Ahad (22/8/2022).

Pada kesempatan itu, Wapres mengingatkan sekaligus mengajak kepada seluruh jamaah Majelis Rasulullah untuk memenuhi panggilan tanah air. Salah satu hal yang bisa dilakukan dengan melakukan jihad ekonomi.

Dulu, Wapres menjelaskan, panggilan tanah air berupa seruan untuk berjihad mengusir penjajahan dari bumi pertiwi. Para kiai dan santri pun terjun melawan penjajah karena memiliki prinsip hubbul wathan minal iman atau cinta tanah air sebagian dari iman.

“Sekarang, kita juga dipanggil untuk berjihad, tetapi jihadnya jihad ekonomi,” ungkap Kiai Ma’ruf yang hadir dengan mengenakan jas dan peci hitam serta balutan serban putih di bahunya.

Ia menambahkan, jihad ekonomi ini sangat penting untuk dilakukan karena bangsa Indonesia sedang menghadapi pemulihan dalam aspek perekonomian, akibat didera pandemi Covid-19 selama dua tahun belakangan.

Kiai Ma’ruf menyebutkan, pandemi Covid-19 tidak hanya menghancurkan sendi-sendi kehidupan masyarakat pada sisi kesehatan dan sosial, tetapi juga ekonomi. Karena itulah, kehidupan bangsa Indonesia pada aspek ekonomi harus segera dipulihkan.

Selain dampak pandemi Covid-19, Wapres juga mengingatkan bahwa masyarakat perlu melakukan jihad ekonomi karena akan menghadapi berbagai krisis global. Di antaranya krisis pangan, energi, dan keuangan.

“(Jihad ekonomi) supaya kita hidup dalam keadaan yang baik. Dan menjaga kehidupan yang baik adalah salah satu tujuan besar dari (ditegakkannya) syariat Islam dengan menjaga kebutuhan primer, sekunder, dan tersier,” tutur Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu.

Selain panggilan tanah air, Wapres juga mengajak seraya mengingatkan umat Islam se-Indonesia agar memenuhi panggilan Allah. Sebab dengan begitu, Islam akan menjadi agama yang kuat, sedangkan umat Islam akan menjadi mukmin sejati, sekaligus menjadi orang Indonesia yang benar.

“Mudah-mudahan dengan adanya tabligh akbar ini, suasana kehidupan agama kita kembali semarak,” pungkas Wapres.

Tabligh Akbar Muharram 1444 Hijriah yang digelar Majelis Rasulullah ini dihadiri Habib Ali Zainal Abidin Al-Jufri, Habib Musa Kadzim bin Ja’far Assegaf, Habib Salim bin Umar bin Hafidz, dan Habib Hamid bin Umar bin Hafidz. []


Sumber: NU Online

Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

Pebisnis Muslim News adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar