728x90.id

Perlunya Kesiapan Masyarakat Hidup Berdampingan dengan Teknologi Digital

 


YOGYAKARTA -- Prospek ekonomi digital Indonesia saat ini sangatlah menjanjikan, karena itu seluruh elemen masyarakat diharapkan memiliki kemampuan hidup berdampingan dengan teknologi digital."Perkembangan ekonomi digital di Indonesia saat ini sangatlah pesat, sehingga hal ini menjadi peluang yang sangat besar bagi UMKM untuk masuk ke dalam ekosistem ekonomi digital Indonesia," tutur Muhammad Neil El Himam, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf RI .

Basuki Suhardiman dari Institut Teknologi Bandung (ITB) menjelaskan pentingnya seluruh elemen masyarakat untuk berkolaborasi dan menanamkan pendidikan teknologi sejak dini. Info penting agar SDM yang ada siap hidup dengan teknologi dan tidak tertinggal dengan negara-negara lain.

Senada dengan Basuki, Indra Utoyo selaku Direktur Utama Allo Bank juga menekankan pentingnya adaptasi terus menerus dengan perkembangan teknologi yang ada. "Kolaborasi dengan seluruh pihak perlu dilakukan agar suatu bisnis digital dapat menciptakan ekosistem yang mampu terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan konsumen yang selalu dinamis," katanya disela diskusi Konferensi dan Expo Ketahanan Digital (ID-RES) yang diselenggarakan Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi) memperkuat inovasi dan ketahanan digital di Indonesia beberapa waktu lalu.  

COO PT Aidi Digital Indonesia, M. Shidiq Purnama menyebutkan data terkait prospek ekonomi digital yang sangat besar di Indonesia dan mengajak masyarakat untuk memanfaatkan aplikasi S.ID. PT Aidi Digital Indonesia mengajak masyarakat khususnya para pelaku bisnis untuk menggunakan salah satu platform Digital Marketing Tools yaitu S.ID yang menawarkan suatu microsite yang bisa menjadi wadah untuk menggabungkan beberapa tautan dari berbagai marketplace/media sosial dalam 1 link S.ID.

Selain untuk mendukung perekonomian, menurut Wijaya Kusumah selaku pengurus Komunitas Satu Guru pada sesi talkshow Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Pengembangan Media Pembelajaran, teknologi saat ini juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pendidikan. "Teknologi digital saat ini sangat bermanfaat untuk pengembangan media pembelajaran, salah satunya di komunitas Satu Guru kita dapat membuat suatu buku digital/antologi dari hasil menulis secara kolaboratif para siswa di blog," katanya.

Dalam kegiatan ID-RES yang diikuti 30 pembicara di bidang teknologi digital ini, juga mengajak masyarakat untuk menggunakan aplikasi S.ID dan U.ID sebagai salah satu inovasi dalam mempermudah masyarakat dalam mengakses dunia digital. 


Sumber: Republika 

Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

Pebisnis Muslim News adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar