728x90.id

PLN Berhasil Tingkatkan Kapasitas Produksi Pelaku UMKM di Sultra

 


MAKASSAR -- PT PLN (Persero) mendukung pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan berhasil meningkatkan kapasitas produksi sejumlah pelaku UMKM dari Sulawesi Tenggara (Sultra) dengan berbagai bantuan yang disalurkan.

Salah satunya pada pengembangan budidaya rumput laut Kelompok Usaha bersama Muhsin An-Nur dan budidaya jamur tiram untuk Kelompok Wanita Tani di Muna Barat, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Ketua Kelompok Usaha Bersama Muhsin An-Nur Sagana melalui keterangannya di Makassar, Rabu, menjelaskan sejak menerima bantuan di akhir Oktober 2022 dari PLN, area budidaya rumput laut semakin luas.

"Tadinya luas lahan yang kami budidayakan hanya setengah hektare, kini meningkat drastis menjadi 1,5 hektare, kami optimistis produksi juga meningkat," ujar Sagana.

"Rumput laut merupakan salah satu komoditas yang sangat dibutuhkan sebagai bahan baku produk makanan, kesehatan, kosmetik, oleh karena itu rumput laut merupakan komoditas yang mampu mendatangkan pendapatan untuk kesejahteraan masyarakat," urai Sagana.

UMKM Kelompok Wanita Tani Budidaya Jamur Tiram merupakan kelompok wanita tani yang bersama-sama mengembangkan produk jamur tiram.

Ketua Kelompok Wanita Tani budidaya jamur tiram Hanifatun menyampaikan kelompok taninya melahirkan inovasi baru yang menambah kekayaan jenis komoditas pertanian di Desa Parura Jaya, Kecamatan Tiworo Selatan, Kabupaten Muna Barat dengan membudidayakan jamur tiram.

"Alhamdulillah setelah mendapatkan bantuan PLN Peduli UMKM kami juga telah mendapatkan sertifikasi Halal," ujar Hanifatun.

Di samping itu, ia menjelaskan bantuan tersebut bertujuan untuk meningkatkan ekspansi kandang jamur tiram guna meningkatkan produksi jamur dan kesejahteraan anggota kelompok.

General Manager PT PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar) Moch Andy Adchaminoerdin menyatakan PLN senantiasa mendukung kebangkitan UMKM terutama dalam masa pemulihan perekonomian di tengah kondisi pascapandemi Covid-19 ini.

"Kami bersyukur, bantuan yang kami berikan membawa dampak positif bagi UMKM dan semoga dapat meningkatkan produktifitas UMKM dan taraf ekonomi masyarakat," tandas Andy.

"PLN berkomitmen untuk menghasilkan Creating Share Value (CSV) yang berlandaskan Sustainable Developments Goals (SDGs) dalam peningkatan perekonomian yang dikolaborasikan dengan dukungan berbagai pihak untuk bersama menumbuhkan ekonomi masyarakat," ujarnya.

Upaya yang dilakukan PLN ini merupakan komitmen perseroan terhadap prinsip "Environmental, Social and Governance" (ESG) dalam menciptakan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan.


Sumber: Republika 

Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

Pebisnis Muslim News adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar