majalahtabligh.com

Pupuk Kaltim Dorong Pemulihan Ekonomi Lewat Festival UMKM

 


JAKARTA -- PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) atau PKT mendukung pengembangan UMKM lokal dan pemulihan ekonomi pascapandemi lewat Festival UMKM 2022 di Lapangan Den Arhanud 002, Bontang, Kalimantan Timur, pada Selasa (22/11/2022) hingga Jumat (25/11/2022).

Direktur SDM dan Umum Pupuk Kaltim Qomaruzzaman menyampaikan kegiatan ini upaya Pupuk Kaltim untuk menggeliatkan kembali perekonomian di Kota Bontang, khususnya di sektor UMKM yang sebelumnya terimbas pandemi dalam dua tahun terakhir.

"Festival UMKM 2022 memfasilitasi 109 pelaku usaha yang terdiri atas kuliner, fashion, kerajinan, jasa dan lainnya. Ditambah 10 wahana bermain anak serta berbagai hiburan menarik bagi masyarakat," ujar Qomaruzzaman dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (25/11/2022).

Selain di Kota Bontang, ucap Qomaruzzaman, Festival UMKM 2022 juga digelar Pupuk Kaltim di tiga daerah lainnya di Indonesia, yakni Bojonegoro, Solo dan Gowa Sulawesi Selatan. Hal ini juga upaya Pupuk Kaltim untuk terus hadir dan dekat bersama masyarakat, utamanya di usia ke-45 tahun perjalanan perusahaan yang tak lepas dari dukungan berbagai unsur di Kota Bontang.

"Melalui kegiatan ini, Pupuk Kaltim ingin berbagi kebahagiaan bersama masyarakat Bontang di usia ke-45 tahun, sekaligus bentuk apresiasi atas dukungan yang selama ini diberikan. Semoga dengan festival UMKM ini geliat perekonomian di Kota Bontang dapat kembali tumbuh dan berkembang," lanjut Qomaruzzaman.

Menurut Qomaruzzaman, sebagai perusahaan yang peduli terhadap UMKM, Pupuk Kaltim berkomitmen untuk terus mendorong pengembangan serta kemajuan UMKM lokal agar lebih mandiri dan berdaya saing. Hal ini diwujudkan melalui program pembinaan langsung oleh perusahaan, maupun sinergi bersama pemerintah dalam membantu peningkatan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat.

"Dukungan terhadap pengembangan UMKM juga sejalan dengan salah satu misi Pupuk Kaltim, yakni memberikan manfaat optimum bagi masyarakat melalui kesinambungan peran pembinaan dan pedampingan usaha lokal di berbagai sektor. Komitmen ini akan terus dipegang Pupuk Kaltim melalui implementasi program TJSL secara terarah sesuai arahan Kementerian BUMN," tambah Qomaruzzaman.

Wakil Walikota Bontang Najirah, menilai Festival UMKM 2022 sebagai salah satu langkah nyata Pupuk Kaltim dalam mendorong pengembangan UMKM lokal agar mampu menciptakan peluang ekonomi melalui promosi maupun penjualan selama kegiatan berlangsung.

Menurut Najirah, kegiatan ini dapat membangkitkan kembali ekonomi masyarakat setelah dua tahun terimbas pandemi, yang sejalan dengan upaya Pemkot Bontang dalam mendorong kemajuan pariwisata dan menumbuhkan kembali UMKM untuk mendorong kesejahteraan serta kemandirian masyarakat.

"Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Pupuk Kaltim, yang secara nyata menunjukkan komitmen dalam mendorong UMKM lokal untuk terus tumbuh dan berkembang. Ekonomi masyarakat yang selama ini seolah-olah pingsan dimasa pandemi, secara perlahan bisa kita bangkitkan kembali terutama di sektor UMKM, investasi dan pariwisata," ucap Najirah.

Najirah berharap kegiatan seperti ini dapat terus terlaksana dalam mendorong ekonomi kerakyatan di Kota Bontang, sehingga mampu mendorong peningkatan kesejahteraan serta kualitas sumberdaya manusia sebagai modal dasar pembangunan daerah. Begitu juga Pemkot Bontang, berkomitmen untuk senantiasa bersinergi dengan Pupuk kaltim dalam memperkuat keberadaan pelaku UMKM, sebagai sektor ekonomi kreatif yang memiliki potensi untuk dikembangkan.

"Semoga dengan keterlibatan Pupuk Kaltim bersama pemerintah dan seluruh pihak terkait lainnya, sektor UMKM di Kota Bontang dapat semakin berkembang dalam mewujudkan masyarakat mandiri dan sejahtera," kata Najirah.


Sumber: Republika 

 

Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

Pebisnis Muslim News adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar