majalahtabligh.com

Lokakarya Kewirausahaan Lazismu dan Baznas Angkat Perekonomian Warga Negeri Sepa


MALUKU TENGAH – Program Kolaborasi Kebajikan Zakat hadir di Kabupaten Maluku Tengah. Bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI, Lazismu Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menggelar kegiatan Lokakarya Kewirausahaan dengan tema “Wirausaha Dasar, Keuangan Usaha, dan Pemasaran”.

Acara yang berlangsung pada Kamis (16/02) ini juga menggandeng Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMPPA) Maluku Tengah serta perwakilan Pemerintahan Negeri Sepa.

Bertempat di Kantor Kelurahan Negeri Sepa, para peserta yang terdiri dari perwakilan Pemerintahan Negeri Sepa, Saniri Negeri Sepa, Badan Usaha Milik Negeri (BumNeg), usaha mikro, para pemuda, serta perwakilan dewan guru antusias mengikuti kegiatan ini.

Mewakili Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Negeri Sepa, Irham MZ dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian penting dari usaha untuk memberdayakan masyarakat. yang kemudian dilaksanakan oleh Lazismu merupakan bagian penting dalam memberdayakan masyarakat.

Lokakarya Kewirausahaan ini, sambung Irham, berperan dalam meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat. Selain membutuhkan modal, manajemen yang baik juga dibutuhkan dalam dunia kewirausahaan. “Sebaik-baiknya manusia yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Negeri Sepa, Abdullah Sopalatu memberikan apresiasinya atas kegiatan kolaborasi Lazismu dengan BAZNAS RI tersebut. Menurutnya, proses pembinaan kewirausahaan menjadi kebutuhan khusus dalam dunia usaha. Usaha yang tidak diiringi dengan konsep yang matang akan menuai hasil tidak baik.

“Mudah-mudahan melalui kegiatan ini dapat diikuti dengan baik, sebab mempunyai aspek yang begitu positif. Terutama khususnya kepada para wirausaha yang ada di Negeri Sepa,” ajaknya.

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Negeri Sepa, Nasmaun Tuasikal mengatakan bahwa untuk memulai usaha harus bisa menentukan usaha apa yang akan dilakukan.

Dasar-dasar yang mumpuni serta kreativitas tinggi harus dimiliki. Kewirausahaan dapat menyikapi persoalan kemiskinan karena dapat membukan dan meningkatkan lapangan kerja.

Lebih jauh Nasmaun Tuasikal menjelaskan, kewirausahaan akan memberikan peluang kepada masyarakat untuk dapat meningkatkan perekonomian pribadi. Oleh karena itu, kemampuan dan kemauan harus selaras karena keduanya saling membutuhkan, selain tekad yang kuat, kerja keras, kesempatan, dan peluang.

“Melakukan kewirausahaan yang juga memperhatikan aturan yang juga berlaku, taat hukum menjadikan poin penting,” tutup setelah mengisi materi sebagai narasumber.[]

Sumber: Suara Muhammadiyah

Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

Pebisnis Muslim News adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar