majalahtabligh.com

PHK Massal Terus Terjadi, PT. Philips Indonesia Rumahkan 3.000 Buruh Pribumi

PebisnisMuslim.Com, Jakarta - Tidak adanya kemampuan kepemimpinan dari seorang Jokowi – JK menyebabkan negeri ini terus meluncu jatuh ke dalam krisis ekonomi. Rupiah terus terdepresiasi terhadap dollar AS. Perekonomian terus melambat. Dan akibatnya, sudah puluhan bahkan mungkin ratusan ribu buruh pribumi yang terkena PHK. Saat ini, di Sidoardjo saya tercatat sudah ada delapan perusahaan  yang gulung tikar sepanjang 2015. Sebagian besar perusahaan itu tutup karena dampak pelemahan rupiah terhadap dolar Amerika Serikat.
“Itu perusahaan-perusahaan yang melapor ke kami, yang tidak lapor mestinya lebih banyak,” kata Kepala Bidang Pengawasan Ketenagakerjaan di Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Sidoarjo Totot Hargianto (Tempo, 3/9).
Ia mengatakan dampak pelemahan rupiah sangat mempengaruhi perusahaan-perusahaan yang menggantungkan produksinya dari bahan baku impor. “Khususnya perusahaan plastik dan baja karena di situ banyak menyerap tenaga kerja,” ujarnya.
Akibatnya, kata totot, ribuan buruh terpaksa dirumahkan. Dia memperkirakan ada sekitar 4.000 buruh yang di-PHK. “Dari PT Philips Indonesia saja sudah sekitar 3.000,” ujarnya.
Selain itu, perusahaan lain yang sudah gulung tikar adalah PT Pamenang Teguh Sejati, PT Kolang Citra Abadi, PT Adi Kreasi Eka Prakarsa, PT Tri Cipta Buana Karsa, CV Dirgahayu, PT Rajawali Tanjungsari Engineering, dan PT Omega Plastik.
Kondisi melemahnya rupiah saat ini membuat Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kabupaten Sidoarjo semakin gusar. Sebab, menurut mereka, 60 persen dari 3.000 perusahaan yang ada di Sidoarjo sebagian besar menggunakan bahan baku impor. Adapun sebagian perusahaan juga tak sanggup lagi membayar upah minimum secara penuh sesuai ketentuan yang berlaku.
Sumber: EraMuslim
Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

Pebisnis Muslim News adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar