Produk Digital

Kisah Orang Terkaya: John Menard Jr, Miliarder AS yang Aktif dalam Dunia Balap


JakartaPengusaha asal Amerika Serikat (AS) John Menard Jr. adalah salah satu orang terkaya di dunia. Pria kelahiran 22 Januari 1940 ini merupakan pendiri dan pemilik Menards, jaringan toko perbaikan rumah di Midwestern, AS. Tak hanya berbisnis, Menard juga hobi pada dunia balap.

Ia merupakan mantan pemilik tim balap IndyCar dan juga ayah dari pembalap NASCAR Sprint Cup Series, Paul Menard.

Menard merupakan anak tertua dari delapan bersaudara. Ia juga seorang Katolik keturunan Jerman, Prancis-Kanada dan Norwegia. Menard bersekolah di Eau Claire Regis High School dan lulusan Universitas Wisconsin, Eau Claire dengan gelar di bidang bisnis dan jurusan psikologi.

Menard memulai karirnya membangun gedung tiang dengan teman-teman kuliahnya. Dia juga pertama kali memulai bisnis konstruksi pada tahun 1958, 20 tahun sebelum Home Depot diluncurkan. Menard bahkan membangun rumahnya sendiri di Eau Claire, Wisconsin.

Toko perangkat keras pertamanya, Menards, dibuka pada tahun 1972. Bisnis tersebut terus berkembang hingga hari ini memiliki lebih dari 262 cabang di AS.

Perusahaannya pun menjadi perusahaan ritel perbaikan rumah terbesar ketiga di AS. Menard juga memiliki toko mesin di Inggris yang memfokuskan diri dalam memproduksi mesin untuk Robby Gordon Motorsports dan Team Menard.

Selain itu, Menard juga telah mensponsori mobil pemenang di Indy 500 2019 yang menjadi kemenangan pertamanya dalam hampir 40 tahun keterlibatannya di dunia balap.

Tak hanya fokus kepada bisnis dan dunia balap, Menard juga telah menyumbang kepada kelompok politik Koch Brothers dan menjadi pendukung konservatif. Hari ini harta kekayaannya mencapai USD14,2 miliar (Rp201 triliun), menurut Forbes Real Time Net Worth.

(kurs Rp14.162/dolar)

Sumber : wartaekonomi

Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

PebisnisMuslim.com adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar