majalahtabligh.com

4 Tips Memulai Bisnis Kecil-kecilan di Masa Resesi


Resesi sudah membawa banyak sekali dampak di dalam kehidupan ekonomi bangsa kita. Sektor industri yang lesu menimbulkan tingginya gelombang PHK di beberapa kota besar. Artinya, peluang mendapatkan pekerjaan yang baru juga tentu akan semakin sulit selama beberapa waktu ke depan. 

Bukan hanya itu saja, sebagian perusahaan dan pebisnis juga harus menekan biaya produksi mereka, termasuk dengan mengurangi besaran gaji karyawan. Semua ini memang tidak mudah, dan masih belum jelas kapan akan berakhirnya. 

Jika kamu termasuk orang yang merasakan imbas dari resesi ekonomi ini, maka terjun ke dunia bisnis akan menjadi pilihan yang tepat. Apapun kondisi di luar sana, kamu tentu harus tetap berusaha untuk mendapatkan sejumlah penghasilan setiap bulannya. Hal ini penting, apalagi jika kamu sudah memiliki tanggungan di dalam keuangan. 

Tak perlu menjalankan bisnis yang rumit dan berskala besar, kamu bisa memulainya dengan bisnis kecil-kecilan saja terlebih dahulu. Tetaplah semangat dan mulai rencanakan bisnis dari sekarang, agar kamu bisa segera memulainya dengan rencana matang.

Simak beberapa tips mudah berikut ini, yang bisa kamu lakukan untuk memulai bisnis di masa resesi:

1. Kamu punya passion atau dalam kondisi terdesak?

Untuk memulai bisnis, kamu harus memahami dengan jelas alasan dan juga tujuan kamu melakukannya terlebih dahulu. Pada dasarnya ada 2 hal yang menjadi prinsip orang dalam membangun bisnis, yakni: passion (gairah) dan juga kondisi desakan ekonomi. 

Pastikan kamu memahami dengan baik berada di posisi yang mana, sehingga kamu bisa lebih mudah untuk memaksimalkan langkahmu agar sukses dalam bisnis tersebut.

Jika kamu merasa bisnis adalah passion kamu, maka kamu tentu akan bisa menikmati proses membangun bisnis ini dengan lebih nyaman. Kamu akan siap menghadapi berbagai tantangan di dalamnya, bahkan yang tidak mudah sekalipun. 

Pastikan kamu sudah memahami di bidang apa passion kamu dan manfaatkan hal tersebut untuk menjalankan bisnis yang lebih mudah. Namun jika bisnis ini kamu jalankan karena desakan ekonomi, maka kamu juga tetap bisa menikmatinya dengan cara yang menyenangkan. 

Rencanakan segala sesuatunya dengan matang, agar bisa berjalan dengan sukses kedepannya.

2. Wajib punya mental kuat

Bisnis tidak akan berjalan dengan cepat dan berbuah manis dalam waktu yang singkat, sebab semuanya butuh proses. Bukan hanya itu saja, untuk mencapai kesuksesan, kamu harus siap untuk melewati banyak kegagalan terlebih dahulu. 

Semua orang sukses pernah mengalaminya, bahkan yang paling sukses sekalipun. Artinya, kamu harus memiliki mental yang kuat sejak awal untuk membangun bisnis . 

Proses membangun bisnis tidak akan mudah, bahkan meski kamu sudah merencanakan segala sesuatunya dengan baik sejak awal. Kegagalan demi kegagalan sangat mungkin kamu alami secara berulang, sebelum akhirnya bisnismu bisa mulai berjalan dengan stabil. 

Bisnis ini tentu hanya akan berhasil, jika kamu siap untuk gagal dan selalu mampu untuk bangkit dari setiap kegagalan tersebut. Jadi pastikan kamu sudah memiliki mental yang tangguh untuk membangun bisnis dari nol.

3. Tak perlu malu dan gengsi untuk memulai bisnis

Jika selama ini kamu adalah pegawai kantoran yang terbilang sukses, maka kamu mungkin tak pernah membayangkan akan membuka sebuah konter pulsa kecil di teras rumahmu. Namun pemikiran seperti ini tidak harus menjadi alasan kamu untuk tidak memulai bisnis di masa resesi ini. 

Untuk membangun bisnis, kamu harus bisa meninggalkan rasa malu dan gengsi, sebab kamu melakukan pekerjaan yang halal dan tentunya kamu sukai sejak awal.

Buatlah dirimu senyaman mungkin, tanpa perlu memikirkan apa pandangan orang tentang bisnis yang kamu jalankan. Meski dalam ukuran yang kecil saja, bisnis ini akan menjadi sesuatu yang kamu banggakan, apalagi jika kelak kamu bisa sukses di bidang tersebut. 

Bukan hanya kamu saja, kebanyakan pebisnis sukses juga memulai usaha mereka dari bisnis kecil-kecilan saja, bahkan dengan pemasaran dari pintu ke pintu.

4. Jangan cemaskan modal

Modal memang penting dalam membangun bisnis, namun ini tak perlu jadi alasan kamu untuk tidak pernah memulai. Jika kamu belum memiliki modal yang memadai, maka kamu bisa meminjamnya kepada kerabat atau bahkan temanmu. Namun jika kamu merasa kurang nyaman, kamu bahkan bisa mengajukan pinjaman yang kini sudah lebih mudah didapatkan. 

Tak perlu mendatangi bank, kamu sudah bisa menikmati layanan online dari berbagai bank dan perusahaan yang menyediakan pinjaman untuk modal bisnis. Cermati dan pilih sumber pinjaman modal yang tepat, agar kamu tidak sampai mengalami masalah di kemudian hari.

Mulai Bisnismu dan Dapatkan Penghasilan di Masa Resesi

Terjun ke dunia bisnis bisa menjadi pilihan untuk kamu yang saat ini merasakan dampak resesi. Bisnis bisa memberikan kamu pendapatan, meskipun pada awalnya mungkin tidak dalam jumlah yang besar. Rencanakan dan mulai bisnismu dengan segera, agar kamu bisa mendapatkan sejumlah penghasilan di masa resesi ini. []

Sumber : Republika

Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

Pebisnis Muslim News adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar