majalahtabligh.com

Jelang Lebaran, Operator Seluler Tambah Layanan Jaringan 4G


SUKABUMI--Mudik lebaran sudah menjadi tradisi bagi sebagian besar masyarakat dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga di kampung halaman. Namun dalam masa pandemi hal ini dilakukan dengan cara berbeda melalui silaturahmi virtual dalam upaya pencegahan Covid-19.

Kondisi tersebut dinilai akan meningkatkan penggunaan jaringan internet maupun telekomunikasi dalam mendukung silaturahmi virtual. Langkah itu misalnya dilakukan Indosat Ooredoo yang menambah kapasitas jaringan 4G berkualitas video untuk memudahkan masyarakat tetap bisa bersilaturahmi secara virtual dengan keluarga, teman, dan kolega.'' Indosat Ooredoo secara konsisten mengembangkan kualitas dan kapasitas jaringan di seluruh Indonesia untuk melayani kebutuhan telekomunikasi masyarakat,'' ujar Director and Chief Operating Officer Indosat Ooredoo, Vikram Sinha, Selasa (4/5). Di mana sebagian besar masih melakukan aktivitas bekerja dan bersekolah dari rumah, terlebih saat menjelang lebaran.

Dalam satu tahun terakhir kata Vikram, trafik data tercatat naik sekitar 50 persen di kuartal pertama 2021 dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Kecepatan unduh rata-rata juga meningkat hampir 50 persen.

Vikram menuturkan, berbekal pengalaman di masa Ramadhan dan Lebaran tahun sebelumnya, Indosat Ooredoo melakukan penanganan khusus terhadap area-area dengan peningkatan trafik tertinggi selama Lebaran. Diantaranya seperti Botabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Lampung.

Hal ini ungkap Vikram, dilakukan dengan dukungan model operasi digital berbasis Artificial Intelligence dan otomatisasi yang dicanangkan sejak tahun lalu. Indosat Ooredoo berkomitmen bahwa kenaikan trafik telekomunikasi khususnya data akan diimbangi dengan kinerja jaringan 4G berkualitas video yang prima.kenaikan trafik, 

Terbukti sambung Vikram, di awal Ramadhan kecepatan unduh rata-rata berhasil meningkat 6 persen di tengah kenaikan trafik data sebesar 8 persen dibandingkan hari biasa. Di sisi lain kualitas layanan telekomunikasi lainnya seperti telepon dan SMS tetap terjaga dengan baik.

Keadaan ini lanjut Vikram, membuktikan pelanggan Indosat Ooredoo tetap bisa menikmati pengalaman berkomunikasi yang lancar di jaringan 4G berkualitas video. Meskipun terjadi tren peningkatan trafik khususnya data, yang diprediksi akan terus naik sampai puncaknya di lebaran nanti.“ Indosat Ooredoo berkomitmen untuk terus mendukung Pemerintah dan masyarakat Indonesia di masa yang penuh tantangan ini dengan menyediakan produk dan layanan

terbaik,'' imbuh Vikram. Menjelang lebaran, kebutuhan telekomunikasi akan semakin meningkat meskipun dengan pergerakan terbatas.

Sehingga kata Vikram, Indosat bertekad menjaga kualitas jaringan agar terus optimal baik di perkotaan maupun pedesaan, karena di masa ini silaturahmi menjadi yang terpenting meskipun dilakukan secara virtual. Oleh karenanya tahun ini Indosat Ooredoo telah membangun jaringan 4G berkualitas video dengan jauh lebih cepat dari yang direncanakan.

Selain itu lebih dari 50 persen rencana site baru 2021 sudah selesai dibangun di kuartal pertama. Bahkan lebih dari 32 persen rencana peningkatan kapasitas jaringan dan lebih dari 33 persen rencana fiberisasi berhasil dieksekusi dalam periode yang sama.

Vikram mengungkapkan, komitmen memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan khususnya di masa Ramadhan dan Lebaran tahun ini, semakin diperkuat dengan Command Center sejak H-4 Lebaran. Seluruh site secara nasional akan dimonitor secara khusus melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (INOC) dan Indosat Ooredoo Service Operation Center (ISOC), dengan dukungan lebih dari 1.600 petugas teknis yang bersiaga sepanjang waktu.

Sumber : Republika

Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

Pebisnis Muslim News adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar