majalahtabligh.com

Akumindo: UMKM Sangat Menanti Bantuan Insentif

 


JAKARTA--Para pelaku UMKM di nilai amat menanti realisasi bantuan intensif dari Pemerintah. Hal itu lantaran tekanan yang semakin dalam terhadap bisnis masing-masing akibat pandemi yang berkepanjangan. 

Kondisi saat ini sangat menunggu mendapatkan insentif akibat dari PPKM level 4 ini," kata Ketua Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Ikhsan Ingratubun kepada Republika.co.id, Jumat (30/7).

Pemerintah telah mengalokasikan bantuan produktif usaha mikro (BPUM) pada tahun ini sebanyak 12,8 juta penerima. Adapun setiap penerima mendapatkan bantuan tunai sebesar Rp 1,2 juta.

Ikhsan mengatakan, pencairan bantuan tersebut dilakukan secara bertahap. Namun, lantaran situasi darurat, Akumindo berharap agar pencairan bantuan dapat dipercepat. "BPUM harus digelontorkan, dan tidak perlu menunggu waktu bertahap lagi," ujar dia.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance, Rusli Abdullah, menilai, untuk saat ini kebijakan pemerintah harus fokus pada kesehatan agar pandemi cepat berakhir. Adapun berkaitan dengan UMKM, ia menilai, kebijakan yang diperlukan saat ini yakni dengan membuat UMKM dapat bertahan hidup.

"Yang penting sekarang bisa survive. Bukan ekspansi, karena kalau pandemi ini lebih maka butuh tenaga dan modal yang besar," ujarnya.

Oleh karena itu, ia menilai lebih baik pemerintah membuat kebijakan insentif yang menyentuh atau berdampak pada penghematan biaya operasional UMKM. Seperti misalnya biaya listrik atau biaya pajak bangunan yang disewa oleh pelaku UMKM hingga perpanjangan tempo pembayaran kredit.

Namun, hal itu tentu harus dikomunikasikan secara intensif dengan para komunitas maupun asosiasi-asosiasi terkait. "Misalnya biaya pajak, tahun ini dibebaskan dulu, nanti dibayar tahun depan tapi dengan cara dicicil," ujar dia.


Sumber : Republika

Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

Pebisnis Muslim News adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar