majalahtabligh.com

Bandara Soekarno-Hatta Sediakan Ambulans Terbang


 

JAKARTA -- Bandara Soekarno-Hatta memperluas fasilitas dan layanan untuk mengakomodir beragam penerbangan dan kebutuhan masyarakat. Mulai bulan ini Bandara Soekarno-Hatta memperkenalkan layanan baru yakni medical evacuation (medevac) untuk evakuasi medis menggunakan helikopter ambulans yang dioperasikan oleh Whitesky Aviation.

"Penerbangan medevac ini dilakukan di Cengkareng Heliport yang berada di dalam kawasan Bandara Soekarno-Hatta dan terkoneksi dengan rumah sakit di Jabodetabek," kata Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin dalam pernyataan tertulisnya, Ahad (22/8). 

Dia menuturkan, layanan tersebut ini bertujuan untuk membantu pihak yang membutuhkan penanganan medis secara cepat. Khususnya transportasi medis yang sangat cepat dengan penerbangan helikopter agar pasien dapat cepat mendapatkan penanganan lebih lengkap di rumah sakit yang ada di Jabodetabek.”

“Medevac ini merupakan salah satu upaya Bandara Soekarno-Hatta dalam melengkapi fasilitas dan layanan penerbangan guna mengakomodir kebutuhan yang beragam. Kami berharap medevac ini dapat bermanfaat bagi khususnya terkait aspek medis,” jelas Awaluddin. Dia memastikan, layanan Medevac tersebut terbuka untuk umum. Termasuk juga dapat digunakan oleh penumpang pesawat yang mendarat di Bandara Soekarno-Hatta dan memerlukan penanganan medis secara cepat di rumah sakit.

CEO Whitesky Aviation Denon Prawiraatmadja mengatakan, Medevac di Cengkareng Heliport juga dapat digunakan untuk memindahkan pasien dari satu rumah sakit ke rumah sakit lainnya untuk mendapatkan penanganan khusus. Denon mengatakan, armada helikopter yang digunakan dalam layanan helimedevac ini terdiri dari dua tipe yakni Bell 505 dan Bell 429. 

"Dua helikopter ini juga dilengkapi tim medis dan perlengkapannya sesuai kebutuhan untuk memastikan penanganan terbaik selama pasien diantarkan menuju rumah sakit," jelas Denon. 

Denon menambahkan, di dalam heliport juga terdapat Heliport Emergency Unit yaitu fasilitas yang diperuntukkan untuk penanganan sementara kondisi darurat pasien. Hal tersebut merupakan fasilitas yang dpaat digunakan sebelum pasien dibawa menggunakan helikopter ke rumah sakit.  

Denon menuturkan, layanan medevac tersebut diperkuat dengan paramedis profesional. “Medevac dari Cengkareng Heliport diperkuat oleh tim paramedis yang mampu melakukan penanganan medis bagi pasien di helikopter, untuk memastikan pasien mendapat penanganan yang tepat selama penerbangan ke rumah sakit," ungkap Denon. 


 Sumber : Republika

Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

Pebisnis Muslim News adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar