Produk Digital

Erick Thohir Beri 3 Tips untuk Pengusaha Muda


  

JAKARTA -- Menteri BUMN, Erick Thohir menghadiri Webinar Series UKM Lead The Fest hari ke-5 yang digelar Pemimpin.id. Ia membagikan tips pada generasi muda tentang bagaimana menjadi pengusaha sukses untuk mendukung perekonomian nasional.

Erick menyampaikan ada 3 peran BUMN untuk meningkatkan perekonomian Indonesia di sektor UMKM yaitu pendanaan, pendampingan, dan membantu pemasaran. Dalam hal pendanaan, BUMN memiliki venture-venture Capital di BRI, BNI, Mandiri, Telkom untuk investasi di StartUp dan brand lokal atau pendanaan berupa pinjaman. 

"BRI, PNM, Pegadaian di merger menjadi ultra mikro yang focus terhadap UMKM sehingga pendanannya lebih mudah, tanpa agunan, dan bunga kecil," kata Erick dalam keterangan pers yang diterima Republika.co.id, Selasa (17/8).

Selain itu, Erick mengatakan proses pendampingan UMKM tidak kalah penting. BUMN melakukan pendampingan dalam hal investasi atau pinjaman. Yang terakhir, membantu UMKM dari segi pemasaran. Salah satu contohnya yaitu Sarinah yang menjual 100 persen brand local. 

"Tiga hal penting itu sebagai bukti bahwa pemerintah hadir dan tidak pernah lelah melayani generasi muda," ucap Erick.

Erick juga menyingung soal digital konten bagi pelaku UMKM. Menurutnya, dahulu konten-konten dibuat oleh sebuah grup, tetapi sekarang individu dapat membuat konten sendiri. 

"Di industri makanan kita mengenal yang namanya health food organic yang dulu tidak terkenal. Menurut data statistik, revenue di bidang kesehatan tumbuh 154 persen, makanan dan minuman tumbuh 106 persen lalu untuk hobi seperti perawatan dan pemeliharaan binatang tumbuh 2 kali lipat. Hilirisasi industri digital mempunyai peran penting," ucap Erick.

Terakhir, Erick berpesan supaya generasi milenial harus berakhlak, amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif. Ia mengingatkan seorang entrepreneur harus adaptif untuk mengantisipasi berubahnya habit masyarakat, tren pasar, dan digitalisasi. 

"Untuk seluruh pelaku usaha selalu amanah jika mendapatkan pendanaan. Karena entrepreneur adalah bisnis kepercayaan, dimana konsumen akan loyal jika pengusaha ini amanah," sebut Erick.

Diketahui, Webinar Series UKM Lead The Fest mengusung tema New Era off Strengthening SMEs through Collaboration with BUMN. Kegiatan Lead the Fest diklaim sebagai festival kepemimpinan terbesar di Indonesia yang diselenggarakan Pemimpin.id.

Kegiatan webinar ini menjadi ajang dialog dan belajar para ahli serta tokoh masyarakat lintas generasi yang akan menularkan semangat juang perubahan, kepemimpinan dan semangat gotong royong.


Sumber : Republika

Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

PebisnisMuslim.com adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar