9 Cara Cepat Mendapatkan Uang dari Instagram


Instagram merupakan salah satu media sosial (medsos) yang hingga kini banyak digunakan oleh berbagai kalangan mulai dari remaja, orang tua, individu, organisasi, hingga perusahaan. Di balik fungsinya sebagai medsos, Instagram juga bisa digunakan untuk menghasilkan uang.

Ada banyak cara mendapatkan uang dari Instagram apabila tekun melakukannya dan bisa memanfaatkannya secara efektif. Tentu syarat utamanya adalah jumlah follower Instagram yang relatif banyak. Biasanya dengan jumlah minimal 10 ribu follower, pengguna Instagram bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan cuan.

Berikut rangkuman dari berbagai sumber sembilan cara mendapatkan uang dari Instagram.

1. Menjadi Influencer atau Selebgram

Influencer atau biasa dikenal dengan selebgram harus memiliki jumlah follower banyak. Seorang influencer atau selegram harus bisa membangun personal branding yang kuat agar para follower juga bisa mengikuti hal-hal positif yang dibagikan di Instagram. Selebgram seringkali menjadi media promosi paling efektif. Jenis kerja sama yang ditawarkan pun bisa beragam, di antaranya paid promote, endorsement, hingga brand sponsorship.

2. Menjadi Product Reviewer

Menjadi product reviewer seperti buzzer produk biasanya melalui komunitas atau endorsement yang dikelola secara independen. Product reviewer akan diminta untuk mengulas produk-produk yang dikirimkan oleh pemilik produk. Seorang product reviewer juga bisa menentukan sendiri review atau ulasannya, misalnya khusus produk makanan, pakaian, alat kecantikan, buku, barang elektronik, dan otomotif.

3. Menawarkan Jasa Desain Feed

Bagi yang gemar desain grafis atau fotografi maka sangat cocok dan berpotensi untuk mendapatkan uang dari Instagram. Apalagi jika punya kemampuan desain grafis menggunakan tools Photoshop maupun Coreldraw atau aplikasi handphone seperti Canva. Pasalnya, banyak pihak secara personal atau perusahaan yang membutuhkan jasa desain feed Instagram agar terlihat rapi dan profesional untuk mendukung brandingnya.

4. Menjajakan Produk Sendiri

Menjual produk sendiri mungkin cara termudah untuk menghasilkan uang di Instagram. Melalui interaksi yang lebih intens dengan para follower, maka kepercayaan konsumen tentu lebih besar, terutama dibandingkan jika menjual lewat marketplace.

5. Membuka Paid Promote

Paid promote adalah layanan promosi berbayar di medsos dan mungkin menghasilkan uang dari Instagram lewat cara ini sering ditemukan. Baik dalam bentuk Instagram Story maupun Feed Instagram. Salah satu alasannya karena tak perlu modal untuk memulainya. Banyak perusahaan tergiur dengan layanan paid promote karena penawaran harga paid promote relatif lebih murah jika dibandingkan dengan tarif endorse influencer yang cukup tinggi atau mengiklankan di media massa.

6. Menjual Barang Preloved

Menjual barang preloved alias barang bekas layak pakai menjadi salah satu cara mendapatkan uang dari Instagram tanpa modal yang sedang tren saat ini. Namun, lebiih dulu pastikan barang yang dijual masih bisa digunakan dengan baik dan sebisa mungkin berikan alasan mengapa barang tersebut dijual.

7. Membuka Layanan Jasa Admin Instagram

Akun Instagram yang digunakan untuk berbisnis tentu perlu dikelola dengan serius. Kendalanya, tak banyak yang mampu melakukannya dengan baik. Ini bisa menjadi peluang siapa saja untuk menjadi admin Instagram. Pengguna aktif Instagram bisa menawarkan jasa admin Instagram untuk pebisnis yang membutuhkannya.

8. Menawarkan Jasa Titip

Menawarkan atau melayani jasa titip (jastip) berarti membelikan produk sesuai permintaan atau titipan konsumen. Bisa dengan cara memotret suatu produk di toko dan kemudian menawarkannya melalui Instagram. Jika calon konsumen tertarik, langsung saja transaksi dan kemudian membeli produk tersebut.

9. Bergabung dalam Program Afiliasi

Afiliasi adalah program yang memberi komisi apabila berhasil membuat orang lain membeli suatu produk. Ibaratnya, menjadi marketing yang mempromosikan produk pihak lain yang sudah terbukti kualitasnya. Menjadi affiliate di Instagram bukan hanya bisa dilakukan tanpa modal, tapi bisa dijalankan secara fleksibel, kapan pun, dan di mana pun. []

Sumber: Republika

 

Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

Pebisnis Muslim News adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar