728x90.id

Ide Usaha dari Limbah Kayu yang Bisa Datangkan Cuan



Limbah kayu seringkali dianggap tidak berguna dan tidak memiliki manfaat. Karena itu limbah kayu seringkali dibuang begitu saja, atau dijadikan kayu bakar.

Namun jika kita memiliki sedikit kreatifitas dan rasa seni, limbah kayu bisa kita olah menjadi sejumlah barang yang memiliki nilai jual. Diantaranya bahan baku mebel, kotak speaker, kotak televisi dan lainnya.

Berikut adalah beberapa ide usaha limbah kayu yang disulap jadi produk-produk yang cantik, diantaranya:

1. Rak buku

Bagi Anda pecinta buku, limbah kayu bisa menjadi barang buruan untuk membuat rak buku. Dari limbah tersebut, kita bisa membuat beragam bentuk rak buku, mulai dari yang paling simple hingga yang eksentrik.

Ini tentunya bisa membuat rumah Anda menjadi lebihcantik dan menarik. Karena limbah kayu berbagai macam bentuk serta ukuran, tugas Anda hanya menyusunnya secara unik agar terlihat lebih cantik dan berbeda dengan rak buku lainnya.

2. Hiasan kayu 3 dimensi

Jika anda seorang pecinta atau kolektor lukisan, limbah kayu bisa menjadi barang yang berharga. Sebab, hanya dengan sedikit kreatifitas dan rasa semi, limbah kayu bisa diubah menjadi hiasan kayu tiga dimensi. Hiasan ini cocok untuk dipadukan dengan lukisan koleksi Anda di rumah

Kerajinan tangan ini dibuat menggunakan media lukis, proses pembuatannya dengan mengambar bagian tengah kayu yang dipotong dan dibentuk menggunakan bantuan sinar laser sehingga mampu menghasilkan hasil potongan yang halus, rapih dan sempurna.

3. Kandang burung

Jika anda pernah melihat kandang burung yang terbuat dari kayu jati, bisa jadi itu dibuat dari sisa limbah kayu jati.

Harga kandang tersebut cenderung tinggi karena kandang yang dihasilkan lebih terlihat kuat dan kokoh jadi jangan heran bila bobotnya berat. Untuk satu kandang dengan ukuran standar, Anda bisa merogoh kocek hingga juta rupiah karena sangkar burung ini seluruhnya menggunakan kayu jati.

4. Bingkai foto

Bingkai foto yang terbuat dari kayu kelihatan lebih artistic. Foto yang ada di dalamnya akan terlihat lebih hangat dan menarik.

Anda bisa membuat bingkai kayu untuk foto maupun kaca dan kebutuhan frame lainnya.

5. Rangka tempat tidur dan headboard

Jika Anda mendapatkan limbah kayu berbentuk palet, ada beberapa banyak furniture yang bisa Anda buat. Salah satunya adalah kerangka tempat tidur.

Yang pastinya kerangka tempat tidur dari limbah kayu ini akan awet dan bertahan lama selain itu akan menambah kesan yang natural di kamar Anda.

Tips mengolah limbah kayu


Setelah mengetahui beberapa karya yang bisa dihasilkan dari limbah kayu, ada sejumlah hal yang sebaiknya Anda lakukan agar bisa mengolah limbah kayu dengan tepat, yakni:

1. Bersihkan limbah kayu

Proses pembersihan limbah kayu sangat penting karena potongan kayu yang di dapat tidak sama besar. Maka pastikan kayu tidak memiliki bagian yang berbahaya seperti paku yang masih menempel atau kotoran lain.

2. Sortir limbah kayu

Sortir kayu mana saja yang akan anda gunakan, jika ada sisa jangan dibuang. Simpan saja karena suatu nanti pasti akan terpakai.

3. Rancang desain

Sebaiknya rancang desain Anda terlebih dulu, bisa di atas kertas atau di komputer agar lebih memudahkan Anda dalam membuatnya.

4. Gunakan perekat yang aman

Jika akan Anda ingin merekatkan limbah kayu yang kecil, gunakanlah perekat berwarna putih daripada yang kuning. Ini bertujuan untuk melindungi lingkungan, karena lem putih lebih aman digunakan,

5. Amplas semua bagian limbah kayu

Tujuan mengamplas kayu adalah membuka pori kayu dan mempermudah lem atau bahan finishing merekat ke dalam kayu.

6. Gunakan bahan finishing yag aman dan ramah lingkungan

Gunakan cat water based agar lebih aman dan ramah lingkungan. Selain itu cat water based bisa menghasilkan warna natural transparan yang membuat serat kayu tetap nampak.

Demikian ulasan mengenai ide usaha limbah kayu dan bagaimana cara megolah limbah kayu dengan tepat semoga menambah wawasan Anda. []

Sumber: Law Justice

Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

Pebisnis Muslim News adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar