majalahtabligh.com

Taipan China Makin Sengsara, 3 Miliarder Ini Kehilangan Rp235 Triliun dalam Satu Hari!


 

Aksi jual besar-besaran di pasar saham Hong Kong telah menghapus total USD16,4 miliar (Rp235 triliun) dari kekayaan tiga miliarder China hanya dalam satu hari. Mereka adalah pendiri Tencent Ma Huateng, Ketua Nongfu Spring Zhong Shanshan dan Co-chairman Country Garden Holdings Yang Huiyan.

Bos Tencent Ma Huateng telah kehilangan kekayaan USD6,1 miliar (Rp87,5 triliun), disusul oleh Zhong Shanshan kehilangan USD5,6 miliar (Rp80 triliun) dan Yang Huiyan USD4,7 miliar (Rp67 triliun).

Kekayaan bersih mereka anjlok di tengah kekalahan bersejarah di Hong Kong, di mana indeks acuan Hang Seng jatuh ke level terendah setidaknya enam tahun kurang dari 20.000 poin pada hari Selasa.

Melansir Forbes di Jakarta, Jumat (18/3/22) segudang faktor memukul perusahaan mereka dan perusahaan lain yang terdaftar di pusat keuangan Asia.

Indikasi Federal Reserve AS tentang beberapa kenaikan suku bunga tahun ini telah menyebabkan peningkatan arus keluar modal, sementara prospek ekonomi China yang melemah di tengah pembatasan Covid-19 memberikan banyak kerugian pada pendapatan dan pertumbuhan.

Tambahan tantangan makro ini adalah kesengsaraan peraturan dan meningkatnya kekhawatiran atas situasi di Ukraina. Investor khawatir hubungan China yang lebih dekat dengan Rusia dapat menyebabkan sanksi ekonomi dari Barat. Banyak laporan menunjukkan kemungkinan kesediaan negara itu untuk memberikan bantuan militer termasuk drone dan rudal darat ke udara untuk Rusia.

Meskipun Beijing telah mengabaikannya sebagai disinformasi, Menteri Luar Negeri Wang Yi secara eksplisit mengatakan China tidak ingin sanksi terkait Rusia mempengaruhi dirinya sendiri, hubungan negara yang memburuk dengan AS masih membayangi perusahaan yang terjebak di tengah-tengah gejolak itu.

Komisi Sekuritas dan Bursa AS telah memberi tahu lima perusahaan China yang terdaftar bahwa mereka berisiko dihapus dari daftar karena kegagalan untuk menyerahkan dokumen audit terperinci yang mendukung laporan keuangan mereka.

Ketika hubungan antara dua ekonomi terbesar dunia memburuk, pesimisme atas penyelesaian masalah audit melalui negosiasi bilateral telah menyebabkan investor membuang saham China yang terdaftar di AS.

Aksi jual pun meluas ke Hong Kong karena banyak dari perusahaan ini terdaftar di dua bursa. Indeks Hang Seng Tech, yang terdiri dari 30 perusahaan teknologi termasuk Alibaba, NetEase dan Tencent, anjlok 11% pada hari Senin, dan 5,2% lainnya pada hari Selasa. Ini memperpanjang kerugian tahun ini menjadi lebih dari 30%.

“Dalam jangka pendek, ada banyak faktor negatif,” kata Kenny Ng, ahli strategi sekuritas yang berbasis di Hong Kong di Everbright Securities International. “Dan tampaknya tidak ada satu pun solusi yang jelas untuk mereka.”

Tencent telah menderita karena pembatasan berkepanjangan China pada game online. Regulator di Beijing tidak membagikan lisensi game baru sejak akhir tahun lalu. Terlebih lagi, laporan Wall Street Journal yang diterbitkan pada hari Senin mengatakan perusahaan menghadapi rekor denda karena melanggar peraturan People's Bank of China (bank sentral China) seputar pencucian uang, sehingga menunjukkan kesengsaraan peraturan lebih lanjut ke depannya.


Sumber : Republika

Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

Pebisnis Muslim News adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar