Grab Jadi Super App Terbaik di Asia Tenggara

 Dipimpin oleh kehadiran perusahaan seperti Grab dan GoTo, Asia Tenggara telah menyaksikan perkembangan pesat Super App selama beberapa tahun terakhir. Hal ini sebagian disebabkan oleh pandemi, yang mendorong pengguna melakukan lebih banyak aktivitas digital daripada sebelumnya.

Menurut Laporan Ipsos SEA Ahead Wave 5 yang dirilis pada Januari 2022, 51% masyarakat Asia Tenggara mengatakan bahwa mereka sekarang lebih sering berbelanja online, dan 1 dari 2 orang mengatakan mereka membayar lebih sering dengan dompet digital atau opsi nontunai lainnya.

Selain itu, studi terbaru oleh Ipsos juga mengungkapkan bahwa 82% pengguna aplikasi digital di Asia Tenggara memesan pengiriman makanan dan 43% menggunakan layanan kendaraan atau ride-hailing.

Tapi apa yang menjadikan sebuah aplikasi menjadi Super App? Dan dengan semakin banyak perusahaan mencoba untuk mengklaim predikat itu, Super App mana yang mempimpin persaingan?

Dalam penelitian terbaru dan pertama di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam, Ipsos Indonesia mengadakan survei untuk mengetahui Super App terbaik di setiap negara tersebut dengan melibatkan 3.500 responden.

“Mengingat ketidakpastian bagaimana Super App diartikan, pertama kami merancang kriteria untuk menentukan apa itu Super App. Hal itu memungkinkan kami untuk membuat daftar kandidat Super App di setiap negara, yang kemudian kami bandingkan penilaian pengguna berdasarkan 4 indikator utama Super App, yaitu user experience, engagement, awareness, dan usefulness,” jelas Soeprapto Tan, Managing Director Ipsos in Indonesia dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (7/4/2022).

Sebuah Super App sering diartikan sebagai aplikasi yang menawarkan banyak layanan untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda. Pada survei ini, Ipsos menetapkan Super App sebagai aplikasi yang menawarkan lebih dari 3 layanan digital, seperti transportasi (ride-hailing), e-commerce, pembayaran, pesan-antar makanan, belanja bahan makanan, dan lain-lain. Aplikasi berbasis media sosial tidak disertakan dalam survey ini.

Berdasarkan hasil survei pengguna, Super App diberikan peringkat berdasarkan indeks yang menggabungkan 4 indikator utama, user experience, engagement, awareness, dan usefulness.

Hasilnya Grab sebagai Super App terbaik di 6 negara Asia Tenggara yang termasuk dalam survei, dengan rata-rata total skor indeks 63. Skor Grab tertinggi di Singapura dan Vietnam, diikuti oleh Malaysia, Filipina, Indonesia, dan Thailand. Baca Juga: Gandeng Grab, PLN Siap Kembangkan Infrastruktur Kendaraan Listrik

Shopee menempati posisi kedua, dengan perolehan rata-rata total skor indeks 52. Setelah Shoppe adalah Lazada (42), Gojek (22), Tokopedia (14), Traveloka (12), AirAsia (10), BliBli, BukaLapak & JDID (10 each), GCash (8), Touch n Go eWallet (7), Lineman (6), Be (5), dan Zig (3).

“Berdasarkan total skor rata-rata di setiap indikator, Grab mencapai jumlah skor yang lebih tinggi dan oleh karena itu Grab menempati peringkat pertama sebagai Super App terbaik di Asia Tenggara pilihan pengguna,” simpul Soeprapto Tan.


Sumber : Republika

Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

Pebisnis Muslim News adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar