majalahtabligh.com

Bank Mandiri dan Pos Indonesia Resmikan Kerja Sama Cross Keagenan

 


JAKARTA -- PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyepakati kerja sama dengan Pos Indonesia untuk mendorong perekonomian Indonesia terutama pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Hal ini diwujudkan lewat peresmian kerja sama bisnis model cross keagenan antara Mandiri Agen yang merupakan mitra usaha Bank Mandiri dan Agen Pos mitra usaha Pos Indonesia sebagai upaya meningkatkan inklusivitas layanan keuangan dan layanan kurir.

SEVP Micro & Consumer Finance Bank Mandiri, Josephus K Triprakoso mengatakan kerja sama ini merupakan wujud sinergi dan kolaborasi antar BUMN, saling bersinergi dalam rangka memberikan dampak lebih besar terhadap pertumbuhan perekonomian secara nasional.

“Saat ini Bank Mandiri telah didukung lebih dari 100 ribu jaringan Mandiri Agen yang tersebar di seluruh Indonesia dan siap memberikan berbagai layanan keuangan kepada masyarakat," ujarnya dalam keterangan resminya, Kamis (5/4/2022).

"Begitu pun Pos Indonesia yang telah memiliki jaringan layanan kantor pos dan agen pos yang representatif di seluruh Indonesia. Adanya kerja sama ini, ada potensi jaringan layanan agen dapat tumbuh berkembang bersama-sama,” ucapnya.

Pihaknya optimistis, sinergi ini dapat memberikan nilai tambah dan kemudahan bagi para mitra usaha Bank Mandiri dan Pos Indonesia untuk mengembangkan usahanya. Dari sisi lain sebagai upaya peningkatan dan pemerataan akses masyarakat terhadap produk layanan keuangan dan layanan jasa kurir di Indonesia.

“Kerja sama ini sangat menguntungkan bagi berbagai pihak, terutama bagi Mandiri Agen dan agen pos, Mandiri agen yang memberikan layanan keuangan seperti pembukaan rekening dan transaksi tarik setor tunai nantinya juga bisa menjadi agen pos yang memberikan layanan jasa kurir seperti pengiriman paket baik domestik maupun internasional dan begitu pun sebaliknya. Tentunya ini dapat menambah penghasilan para agen dan membantu pengembangan usahanya,” ungkapnya.

Adapun kerja sama antara dua BUMN ini dalam bentuk pemanfaatan jaringan masing-masing agen untuk memberikan layanan keuangan dan layanan kurir yang inklusif. Kemudian kolaborasi untuk meningkatkan kemudahan operasional agen dan konsumen dalam mengakses layanan keuangan dan layanan kurir serta kolaborasi paket produk (product bundling) dalam rangka pemberdayaan masyarakat terutama UMKM.

Direktur Bisnis Kurir dan Logistik Pos Indonesia Siti Choiriana menambahkan, kerja sama antara Pos Indonesia dan Bank Mandiri selaras dengan semangat sinergi antar BUMN yang saat ini sedang dibangun pemerintah, terutama dalam memberikan dampak lebih besar terhadap perekonomian nasional. 

Juga Sejalan dengan transformasi bisnis yang sedang dilakukan Pos Indonesia. Menurut perseroan, kolaborasi ini bukti konkret dukungan Pos Indonesia kepada pelaku UMKM, dalam upaya peningkatan dan pemerataan akses masyarakat terhadap produk layanan keuangan dan kurir.

“Melalui kerja sama ini, jaringan cross agen dua BUMN akan semakin luas dan masif. Dari sisi lain, akses masyarakat terhadap layanan keuangan dan kurir semakin mudah. Tentu ini akan memudahkan masyarakat terutama pelaku UMKM lebih maju dan berkembang," ucapnya.

Dia menjelaskan, kerja sama ini akan memperluas inklusi layanan keuangan dan kurir. Cross agent menawarkan layanan one stop service, Cross Agent akan dapat melayani transaksi perbankan juga dapat melakukan kegiatan kurir dan logistik.

Saat ini Pos Indonesia memiliki jaringan lebih dari 4.800 kantor, 8.891 Agen Pos, serta puluhan ribu agen yang terhubung dengan berbagai layanan Pos Indonesia. Pos Indonesia juga memiliki jangkauan ke ratusan negara di dunia.


Sumber: Republika

Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

Pebisnis Muslim News adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar