728x90.id

OJK Ungkap Tiga Masalah UMKM Belum Bisa Naik Kelas

 


JAKARTA-- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkapkan tiga permasalahan utama UMKM belum bisa naik kelas. Padahal UMKM merupakan penggerak utama roda perekonomian Indonesia.

Dewan Komisioner OJK Tirta Segara mengatakan saat ini masih banyak masalah yang dihadapi sektor UMKM agar bisa naik kelas, sehingga berkontribusi lebih besar terhadap perekonomian. “Pertama, banyak UMKM yang belum memanfaatkan teknologi digital, terutama dalam pemasaran dan akses pasar,” ujarnya saat webinar, Selasa (24/5/2022).

Menurutnya sejalan dengan masih 13 persen jumlah UMKM yang sudah terkoneksi teknologi digital. Pemanfaatan teknologi dinilai penting tidak hanya promosi, tetapi juga dalam manajemen UMKM.

Adapun permasalahan kedua, yakni akses pembiayaan atau modal usaha. Tercatat sekitar 74 persen UMKM belum mendapatkan akses pembiayaan sehingga mereka sulit menggenjot skala produksi.

Menurut Tirta, kesulitan akses ke permodalan ini terjadi karena rumitnya prosedur hingga banyaknya dokumen yang harus dipenuhi di perbankan atau lembaga jasa keuangan. Akibatnya, banyak yang mencari pembiayaan alternatif hingga terjerat rentenir.“Terakhir, rendahnya kualitas dan kapabilitas SDM, banyak pelaku UMKM yang masih sulit melakukan pemasaran, kurang inovatif, sulit mengurus perizinan, serta belum bisa mengelola laporan keuangan," ucapnya. 


Sumber: Republika 

Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

Pebisnis Muslim News adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar