majalahtabligh.com

Saham Global dan Minyak Rontok, Investor Tarik Dana untuk Cari Tempat Berlindung

 


NEW YORK -- Indeks saham di seluruh dunia turun tajam, harga minyak merosot sekitar enam persen dan dolar berakhir tak jauh dari level tertinggi 20 tahun pada akhir perdagangan Senin (9/5). Hal ini karena investor kabur dan menarik dana besar-besaran untuk berlindung dari kemungkinan risiko dipicu kekhawatiran inflasi dan pertumbuhan ekonomi global yang lebih lambat.

Harga minyak jatuh karena lockdown di China sebagai importir minyak utama, memicu kekhawatiran tentang permintaan energi. Emas jatuh dan bitcoin merosot ke level terendah sejak Juli 2021.

Imbal hasil obligasi pemerintah AS melemah setelah imbal hasil acuan obligasi pemerintah AS 10-tahun mencapai tertinggi 3,5 tahun karena para pedagang bersiap untuk data harga konsumen dan lelang utang pemerintah AS senilai 103 miliar dolar AS pekan ini.

Saham-saham AS memperpanjang aksi jual yang memar pada Jumat (6/5) karena investor bergegas untuk melindungi diri mereka sendiri dari prospek melemahnya ekonomi."Dengan pertumbuhan yang melambat, terlepas dari resesi atau tidak, Anda akan melihat banyak kompresi untuk apa pun yang terkait dengan pertumbuhan. Ini belum tentu merupakan dakwaan terhadap fundamental mereka. Ini adalah dakwaan kelipatan mereka," kata Michael James, direktur pelaksana perdagangan ekuitas di Wedbush Securities di Los Angeles.

"Investor jauh lebih peduli dengan pelestarian modal pada saat ini, dan lebih peduli dengan mengumpulkan uang jika kondisi global memburuk."

Bank sentral di Amerika Serikat, Inggris dan Australia menaikkan suku bunga minggu lalu, dan investor bersiap untuk pengetatan lebih banyak karena pembuat kebijakan memerangi inflasi yang melonjak.

"Pasar terus menilai ulang risiko inflasi karena menjadi lebih jelas bahwa inflasi kemungkinan akan bersama kita lebih lama dari yang diperkirakan beberapa orang," kata Chris Zaccarelli, kepala investasi di Independent Advisor Alliance di Charlotte, North Carolina, juga mengutip meningkatnya risiko resesi.

Dia mengatakan kebijakan yang lebih ketat akan menambah tekanan perlambatan ekonomi yang sebenarnya sudah membaik karena lockdown di China dan perang di Eropa.

Dow Jones Industrial Average tergelincir 653,67 poin atau 1,99 persen menjadi 32.245,70 poin, S&P 500 kehilangan 132,1 poin atau 3,20 persen menjadi 3.991,24 poin dan Nasdaq anjlok 521,41 poin atau 4,29 persen menjadi 11.623,25 poin. Ini adalah pertama kalinya sejak 31 Maret 2021 indeks S&P ditutup di bawah 4.000. 

Kejatuhan Nasdaq untuk sesi ini adalah yang terendah sejak November 2020 dalam aksi jual yang dipimpin oleh saham-saham pertumbuhan mega-cap. Baik S&P maupun Nasdaq pada Jumat (6/5) membukukan penurunan minggu kelima berturut-turut - penurunan beruntun terpanjang mereka dalam kira-kira satu dekade.

Indeks saham MSCI di seluruh dunia jatuh 3,09 persen pada Senin (9/5) setelah mencapai level terendah sejak Desember 2020, sementara saham di pasar berkembang kehilangan 1,63 persen.Investor memfokuskan kebijakan nol-COVID China. 

Shanghai memperketat pengunciannya untuk 25 juta penduduk, menambah kekhawatiran tentang masalah rantai pasokan bagi perusahaan teknologi global yang memproduksi di China. Presiden Rusia Vladimir Putin terus melakukan serangan di Ukraina. Ukraina sebut ada peningkatan serangan ofensif Rusia di timur dan dorongan untuk mengalahkan pasukan Ukraina di pabrik baja di Mariupol.

Investor yang khawatir mencari keamanan, mendorong indeks dolar ke level tertinggi 20 tahun sebagian karena kekhawatiran tentang kemampuan Federal Reserve untuk memerangi inflasi tanpa merugikan ekonomi. Greenback telah naik selama lima minggu berturut-turut bersama dengan imbal hasil obligasi pemerintah AS. Dolar kemudian memangkas kenaikan, turun 0,077 persen, dengan euro naik 0,07 persen menjadi 1,0558 dolar. 

Sementara itu, yen Jepang menguat 0,25 persen versus greenback di 130,24 per dolar, penguatan greenback menekan saham dan mata uang Amerika Latin. Peso Meksiko kehilangan 1,04 persen versus dolar di 20,37. Minyak mentah AS baru-baru ini turun 6,45 persen menjadi 102,69 dolar AS per barel dan Brent berada di 105,43 dolar AS atu jatuh 6,19 persen pada hari itu.

Emas spot melemah 1,6 persen menjadi 1.852,58 dolar AS per ounce. Emas berjangka AS turun 0,94 persen menjadi 1.857,10 dolar AS per ounce.


Sumber: Republika

Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

Pebisnis Muslim News adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar