ALAMI Gandeng Reliance Finance Salurkan Pembiayaan UMKM


 

JAKARTA -- PT ALAMI Fintek Sharia (ALAMI) meresmikan kerja sama dengan PT Usaha Pembiayaan Reliance Indonesia (Reliance Finance) terkait pembiayaan channeling kepada UMKM melalui platform digital. Kerja sama ini menjadi wujud komitmen kedua belah pihak untuk memberikan dampak positif berkelanjutan terhadap perkembangan pelaku UMKM sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia.

Kerjasama ini ditandatangani oleh Chief Business Officer ALAMI Group, Bembi Triawan Juniar dan Direktur Utama Reliance Finance, Iman Pribadi di Kantor Pusat Reliance Finance, Jakarta. Chief Business Officer ALAMI Group Bembi Juniar mengatakan, kerja sama ALAMI dengan Reliance Finance ini bertujuan untuk meningkatkan percepatan penyaluran pembiayaan kepada UMKM dan memudahkan UMKM untuk memperoleh akses modal usaha.

"Sinergi ini secara langsung akan memperkuat ekosistem pembiayaan secara syariah yang memberikan dampak yang luas lewat digitalisasi," kata Bembi dalam keterangan pers, Jumat (10/6).

Penyaluran dana dengan skema channeling yang dilakukan antara kedua belah pihak memiliki penetrasi digital lebih kuat dan lebih fleksibel, sehingga mampu menjangkau segmen nasabah yang belum terlayani oleh lembaga keuangan non digital. Reliance Finance sebagai perusahaan jasa layanan keuangan yang sudah lama berdiri dan memiliki visi yang sejalan dengan ALAMI yaitu memberikan solusi keuangan bagi pelaku UMKM, dinilai tepat untuk menjalin kerjasama dengan ALAMI.

ALAMI memiliki berbagai keunggulan yang mendukung Reliance Finance untuk mengakuisisi pelaku UMKM secara lebih efisien, namun dengan kualitas pembiayaan yang tetap terjaga dengan baik. Hingga saat ini ALAMI masih terus mampu mempertahankan TKB 90 sebesar 100 persen di tengah situasi perekonomian di masa pandemi COVID-19.

Hingga saat ini, kinerja ALAMI menunjukkan pertumbuhan positif yang signifikan. Hal ini terlihat dari akumulasi penyaluran pembiayaan senilai Rp 2,72 triliun kepada lebih dari 10 ribu proyek UMKM, mayoritas bergerak di sektor telekomunikasi, kuliner halal, dan energi dengan rata-rata jangka waktu pembiayaan selama tiga bulan.

Pencapaian tersebut juga diiringi dengan kenaikan jumlah pengguna ALAMI, yaitu mencapai 95 ribu pengguna. Direktur Utama Reliance Finance Iman Pribadi mengatakan, kerjasama ini merupakan salah satu strategi dalam rangka pertumbuhan pembiayaan syariah melalui ekosistem digital.

"Sebagai perusahaan pembiayaan, Reliance Finance berfokus pada pembiayaan produktif untuk UMKM, kami berharap kerja sama ini dapat memberikan dampak sosial yang berkesinambungan," kata Iman. 


Sumber: Republika

Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

Pebisnis Muslim News adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar