majalahtabligh.com

Dongkrak Omzet, Presiden Minta UMKM Manfaatkan Aplikasi


 

JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menjual produk mereka dengan memanfaatkan pemasaran berbasis aplikasi daring. Ini dilakukan guna mendongkrak omzet penjualan.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi usai mendengar cerita sejumlah pengusaha mikro yang sukses meningkatkan usaha mereka dengan menggunakan berbagai aplikasi daring pada acara Pemberian Nomor Induk Berusaha (NIB) Pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) Perseorangan Tahun 2022 di Gedung Nanggala Kopassus, Jakarta Timur, Rabu (13/7/2022).

"Jadi yang namanya digitalisasi usaha mikro, usaha kecil, usaha menengah itu sekarang ini wajib. Jadi Bapak, Ibu, yang belum masuk marketingnya ke dunia online, segera masuk ke aplikasi, apapun platform-nya," kata Presiden Jokowi.

Di tengah-tengah sambutannya, Presiden Jokowi mendengar cerita Wageningtyas, seorang ibu yang sehari-hari berjualan roti bakar Bandung. Ibu Wage, panggilannya, mengatakan omzet dagangannya saat ini sudah mencapai Rp 1 juta per hari dengan memanfaatkan berbagai aplikasi daring yang membantu usahanya, terutama pada masa pandemi.

Ia pun menjual produknya melalui pemasaran berbagai aplikasi, seperti GoFood, Grab Food, Traveloka Eat, Shopee Food, hingga Asia Food. "Omzet sekarang sudah mencapai Rp 1 juta per hari. Berkat online, Pak. Jadi selama pandemi kami usaha ini terbantu dengan aplikasi online," kata dia.

Oleh karenanya, Presiden Jokowi meminta para pelaku UMKM yang hadir encontoh Ibu Wage agar kesempatan untuk memasarkan produknya menjadi terbuka lebar.

Namun Kepala Negara mengingatkan para pelaku usaha juga turut meningkatkan kesiapan produksi mereka jika hendak memasarkan produk lewat daring. "Kalau sudah yang namanya masuk ke pasar online, kesiapan produksi harus betul-betul siap. Jangan sampai kita hanya produksi bisa 100, nanti pesanannya 10 ribu. Ada banyak kejadian seperti itu dan tidak siap," kata Jokowi.

Cerita serupa datang dari Ngadimin, seorang penjual mie ayam asal Bojonegoro yang juga berhasil meningkatkan usahanya dengan memanfaatkan aplikasi daring. Amin, demikian ia biasa disapa, menuturkan bahwa ia juga mendapatkan omzet antara Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta per haridan 90 persen di antaranya dihasilkan dari pesanan daring.

Aplikasi daring, katanya, membuatnya tidak perlu memiliki kios di lokasi yang strategis untuk berjualan. Saat memulai usahanya, Amin berjualan mie ayam dari rumah yang ia sewa.

"Berkat ada online, saya jualnya hanya di kontrakan saja, awal buka di kontrakan, begitu peminatnya bagus Alhamdulillah akhirnya sekarang bisa sewa kios, walaupun kecil. Itu pun 90 persen (pesanan) masih online semua," kata Amin.


Sumber: Republika

Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

Pebisnis Muslim News adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar