728x90.id

Mentan Minta Gubernur Sultra Siapkan 1.000 Hektare Lahan Pertanian



KENDARI -- Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo meminta Gubernur Sulawesi Tenggara dan beberapa bupati seperti Bupati Konawe Selatan menyiapkan 1.000 hektare lahan pertanian per kabupaten. 

"Ada tugas Pak Bupati Konawe Selatan, Pak Gubernur (Sultra), untuk siapkan saya 1.000 hektare tiap kabupaten yang ada tadi," kata Mentan saat kunjungan kerja di Desa Cialam Jaya, Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, Sabtu.

Penyediaan 1.000 hektare lahan itu untuk meningkatkan produksi hasil pengolahan pertanian. Menurutnya, jika dikalkulasikan satu hektare menghasilkan Rp 30 juta hasil pertanian, maka dengan 1.000 hektare lahan bisa meningkatkan pendapatan masyarakat sebesar Rp 30 miliar dalam tiga bulan.

Selain itu, dengan lahan tersebut, masyarakat bisa meningkatkan hasil produksi berbagai komoditas pangan lokal hingga setara dengan petani di daerah Jawa."Kenapa ada orang Jawa bisa, orang di sini (Kabupaten Konawe Selatan) tidak, apalagi ada keturunan orang Jawa di sini," ujar Mentan.

Ia meminta penyediaan lahan harus berkoordinasi dengan instansi terkait termasuk bank untuk membantu masyarakat dalam pengolahan hingga menjual hasil panen. Syahrul juga memberikan tenggat waktu konsep penyediaan 1.000 hektare lahan untuk pertanian sampai 30 Agustus 2022.

"Yang penting jangan mundur. Jadi, Pak Gubernur saya tunggu ini kita selesaikan sebelum tanggal 30 Agustus," kata Mentan.

Ia meminta Kepala Dinas Pertanian melalui persetujuan gubernur dan bupati selanjutnya berkonsultasi ke kementerian untuk bantuan penyediaan komoditas pangan seperti bibit padi, jagung, dan kelapa.

Gubernur Sultra Ali Mazi mengatakan pihaknya akan menyelesaikan konsep lahan pertanian sebelum batas waktu yang diberikan."Jelas, kita akan tekad bekerja untuk peningkatan hasil komoditas pertanian masyarakat," katanya. []

Sumber: Republika

Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

Pebisnis Muslim News adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar