728x90.id

Blibli Siap IPO, Bagaimana Prospek Kinerja dan Sahamnya?

 


 JAKARTA -- PT Global Digital Niaga Tbk, perusahaan yang mengoperasikan platform e-commerce Bibli, akan resmi tercatat menjadi perusahaan publik melalui mekanisme penawaran umum perdana atau Initial Public Offering (IPO) pada tahun ini. 

Kepala riset Phintraco Sekuritas Valdy Kurniawan mengatakan aksi korporasi ini berpotensi mendongkrak kinerja perseroan. Seperti diketahui, Bibli berpeluang mengantongi dana sebanyak-banyaknya Rp 8,2 triliun.

"Seperti emiten-emiten teknologi lain yang telah mencatatkan sahamnya di BEI, Blibli juga berpotensi mencatatkan perbaikan kinerja dengan mengoptimalkan penggunaan dana yang diperoleh dari IPO tersebut," kata Valdy kepada Republika, Senin (17/10). 

Dalam prospektus dijelaskan, dana IPO sebesar Rp 5,5 triliun akan digunakan untuk pembayaran seluruh saldo utang fasilitas perbankan. Menurut Valdy, hal ini berpotensi menurunkan beban bunga perseroan yang tercatat naik 77,56 persen yoy ke Rp 128,51 miliar di Juni 2022. 

"Penurunan beban bunga dapat memberikan dampak positif untuk bottom line di periode yang akan datang," terang Valdy.

Walaupun kelihatannya sama-sama perusahaan technologi dan memiliki layanan e-commerce, menurut Valdy, Bibli, BUKA dan GOTO memiliki karakteristik masing-masing yang mungkin dapat menjadi daya tarik dari emiten tersebut.

Blibli sendiri memiliki ekosistem omnichannel yang terintegrasi. Bibli melayani berbagai keperluan mulai dari kebutuhan sehari-hari seperti bahan makanan segar dan produk-produk supermarket melalui Ranch Market, barang-barang konsumen otentik melalui platform Blibli.com, hingga pengalaman perjalanan dan gaya hidup melalui tiket.com

Blibli juga memiliki keunggulan kompetitif di sisi distribusi dengan kehadiran Blibli express service. Blibli Express Service mengoperasikan infrastruktur logistik dan pergudangan yang terdistribusi luas dengan skala yang dapat disesuaikan, termasuk hub-and-spoke system dengan 15 gudang dengan tambahan 30 lokasi hub.

Blibli Express Service didukung oleh teknologi sistem informasi untuk menyediakan layanan pemenuhan pesanan yang berkualitas tinggi, sehingga dapat melakukan pengiriman last mile yang efisien di daerah perkotaan yang padat penduduk termasuk kota satelit di seluruh Indonesia.


Sumber: Republika 

Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

Pebisnis Muslim News adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar