majalahtabligh.com

LandX Siapkan Solusi Bisnis Online to Offline bagi Mitra Usaha Moka

 


JAKARTA -- Platform equity crowdfunding LandX menggandeng Moka, solusi digital komprehensif terkait pengembangan bisnis Online-to Offline (O2O) bagian dari GoTo Financial, sebagai mitra penyaluran modal usaha UMKM. 

Adapun kerja sama ini dapat diakses oleh mitra usaha Moka melalui layanan Moka Capital mulai September 2022. CEO LandX Andika Sutoro Putra mengatakan para pelaku UMKM yang bekerja sama dengan Moka dapat dengan mudah memiliki akses pendanaan dalam ekspansi bisnis UMKM. Hal ini mengingat pelaku UMKM memiliki potensi besar dalam menopang perekonomian di Indonesia.

Dari jumlah UMKM saat ini mencapai 64,19 juta dengan kontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) sebesar 61,97 persen atau senilai Rp 8.573,89 triliun. Adapun kontribusi UMKM terhadap perekonomian Indonesia meliputi kemampuan menyerap 97 persen dari total tenaga kerja yang ada serta dapat menghimpun 60,4 persen dari total investasi.

Potensi ini tentu perlu dilirik oleh para investor, yang kini dimudahkan oleh platform equity crowdfunding seperti LandX dapat berinvestasi pada puluhan ribu mitra usaha Moka yang notabene UMKM yang telah menerapkan teknologi digital efisiensi operasional bisnis,” ujarnya dalam keterangan tulis, Sabtu (1/10/2022).

Andika menyebut pihaknya sangat senang dapat bekerja sama dengan Moka, jaringan Point of Sales yang telah terbukti dapat meningkatkan skala bisnis UMKM dan pengusaha lewat teknologi digital.

“Terlebih, ragam solusi Moka dapat memudahkan para pebisnis untuk mempercepat ekspansi bisnis mereka. Dengan menghadirkan beragam bisnis UMKM potensial yang telah bekerja sama dengan Moka dalam platform LandX, kerja sama ini kami harapkan dapat meningkatkan minat investor yang ingin melakukan investasi UMKM lewat equity crowdfunding,” ucapnya.

Sementara itu CEO & Co-Founder Moka Haryanto Tanjo menambahkan sebagai bagian dari GoTo Financial, Moka terus menjadi mitra pertumbuhan UMKM untuk mengembangkan bisnisnya, yang salah satunya lewat Moka Capital.

“Kami menyambut baik LandX sebagai platform equity crowdfunding terdepan di Indonesia sebagai partner terbaru dari Moka Capital, dengan semangat yang sama akselerasi pertumbuhan bisnis UMKM lewat akses terhadap layanan keuangan. Kami berharap kerja sama ini akan membantu lebih banyak UMKM di Indonesia untuk mengembangkan bisnisnya, baik itu membuka cabang baru, melakukan inovasi terhadap produk, maupun memperluas jangkauan pelanggan, hingga dapat terus berkontribusi dalam menggerakkan perekonomian nasional Indonesia,” katanya.

Sejak 2014, Moka telah membantu puluhan ribu pelaku UMKM, terutama bisnis kuliner, retail, fesyen, kecantikan, dengan memberikan layanan omnichannel yang dapat membantu usaha mereka tumbuh. Tidak hanya POS (Point of Sale), pembayaran digital, manajemen inventaris, loyalitas pelanggan, koneksi ke aplikasi pihak ketiga, namun mitra usaha juga dapat difasilitasi untuk dipertemukan dengan lembaga pendanaan terpercaya melalui layanan Moka Capital platform Moka. 

Koordinator Pembiayaan Teknologi Finansial dan Modal Ventura Kemenparekraf/Baparekraf Maman Rahmawan menambahkan, kontribusi UMKM pada perekonomian nasional membuka iklim investasi yang positif dan menjadi faktor utama dalam menjaga eksistensi bisnis berkelanjutan.

Maka itu, Kemenparekraf menyambut baik kerja sama LandX dan Moka yang memanfaatkan teknologi digital dalam membuka akses keuangan bagi pelaku UMKM.

“Pelaku UMKM tidak perlu bingung lagi terhadap masalah modal usaha sehingga kedepannya ekspansi bisnis mereka dapat akselerasi, yang akhirnya dapat membuka lapangan pekerjaan. Hal ini tentu sejalan dengan misi dan program Kemenparekraf untuk menjadikan UMKM sebagai lokomotif pencetakan lapangan kerja di Indonesia,” ucapnya.

Mitra usaha Moka dapat mengajukan pendanaan melalui layanan Moka Capital yang memfasilitasi beberapa lembaga pendanaan terpercaya yang diawasi oleh OJK. Setelah penilaian awal, pengajuan tersebut selanjutnya memasuki proses public sale di platform LandX selama 45 hari. 

Selama proses urun dana (crowdfund) tersebut, investor LandX dapat menilai kelayakan mitra usaha diberikan pendanaan lebih lanjut. Terdapat beberapa manfaat bagi UMKM untuk menggunakan pendanaan LandX lewat Moka Capital, diantaranya yakni kemudahan bagi mitra usaha Moka dalam mempersiapkan transaksi historis bisnis yang dibutuhkan pengajuan modal.

Tak hanya data transaksi historis bisnis, status pengajuan Moka Capital juga dapat dicek real time oleh pemilik usaha lewat dashboard di back office Moka. Selain itu, akan ada promo eksklusif dari LandX bagi para mitra usaha Moka yang mengajukan pendanaan melalui Moka Capital. 

Diketahui, PT ICX Bangun Indonesia (LandX.id) adalah platform equity crowdfunding yang didirikan pada 2019 dan sudah memiliki izin OJK No KEP-68/D.04/2020 tentang Pemberian Izin Usaha Penyelenggara Layanan Equity Crowdfunding. LandX.id telah mempertemukan lebih dari 88.233. Pemodal dengan 44 perusahaan penerbit / pelaku usaha (UMKM), dan telah mencetak 230 miliar rupiah untuk nilai investasi yang disalurkan ke penerbit saham. 


Sumber: Republika 

Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

Pebisnis Muslim News adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar