majalahtabligh.com

Pemulihan Ekonomi, Pelaku UMKM Pacu Transformasi Digital

 


JAKARTA -- Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan perusahaan yang sedang berkembang yang memiliki peran penting dalam perkembangan perekonomian Indonesia merasakan berbagai dampak dari pandemi Covid-19. Diperlukan strategi khusus berupa transformasi digital guna memulihkan ekonomi pascapandemi.

Salah satu tantangan yang dihadapi para pebisnis ini dalam operasional bisnis adalah manajemen sumber daya manusia. Dengan banyaknya perusahaan yang mulai terbiasa menerapkan situasi kerja hybrid, kebutuhan akan transformasi digital dan menjaga kualitas yang baik menjadi sesuatu yang urgen.

Saat ini banyak pekerjaan yang beralih untuk dikerjakan di mana saja dan kapan saja atau disebut dengan remote working. Tim sumber daya manusia perusahaan menghadapi tantangan untuk mengelola perubahan organisasi. Mereka membutuhan solusi yang tepat untuk menyediakan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan guna memperkuat dan meningkatkan strategi bisnis mereka.

Perusahaan konsultan human resources information system, HR Path, menjawab kebutuhan transformasi digital UMKM dan perusahaan yang sedang berkembang dengan menghadirkan NUBO.

Direktur HR Path Indonesia Marcelany, mengatakan sistem ini terkonfigurasi dan efisien dengan kualitas berkelas namun harga lebih terjangkau sehingga sesuai dengan keinginan mereka. “Walaupun NUBO dapat membantu perusahaan-perusahaan dari kategori menengah hingga besar, fokus HR Path adalah menargetkan perusahaan menengah atau perusahaan yang sedang berkembang, dimana sejak masa pandemi, mereka memiliki keinginan bertransformasi ke digital namun terkendala masalah finansial dan keterbatasan waktu,” ujarnya, Ahad (30/10/2022).

NUBO adalah solusi HRIS berbasis SAP SuccessFactors yang memberikan keleluasaan bagi pengguna untuk memilih sendiri aplikasi sesuai kebutuhan dan keinginan bisnis mereka dengan teknologi terstandarisasi (pre-configured). Adanya NUBO, pengguna dapat memiliki kemampuan untuk menggunakan sistem ERP HR.

SAP Success Factors adalah penyedia cloud human experience management (HXM) terkemuka berfokus pada SDM untuk Human Capital Management (HCM). HXM memungkinkan perusahaan untuk memberikan karyawan pengalaman yang menghargai nilai individu mereka dan secara konsisten memotivasi mereka untuk mencapai tingkat kinerja terbaik.

HR Path memahami banyak UMKM ataupun perusahaan yang sedang berkembang tidak memiliki bandwidth untuk memiliki sistem yang mumpuni. Tetapi dengan NUBO, mereka dapat memiliki dan menerapkan SuccessFactors dengan harga yang terjangkau.

“Dengan biaya implementasi yang rendah memungkinkan mereka fokus dan berinvestasi dalam meningkatkan jumlah pelanggan mereka. Pendekatan modular NUBO memungkinkan untuk bekerja dimanapun dan kemanapun. Modul yang digunakan tergantung kebutuhan. Tidak masalah jika hanya satu modul saja, tidak harus ambil semua modul,” ucapnya.

Solusi NUBO dari HR Path telah digunakan oleh salah satu grup perusahaan keuangan retail Jepang di cabangnya di Indonesia. NUBO telah membantu perusahaan dalam bidang pembiayaan konsumen ini ketika mereka sedang membutuhkan solusi SDM dalam kurun waktu yang singkat.

Pada Oktober 2021, perusahan ini memutuskan untuk mengganti sistem SDM mereka dan merencanakan untuk melakukan performance review persiapan awal 2022. HR Path memberikan perhatian penuh terhadap kebutuhan perusahaan keuangan tersebut.

“Sebagai perusahaan konsultan SDM, HR Path selalu mengutamakan pendekatan dengan mementingkan kebutuhan customer, dan solusi SuccessFactors NUBO dengan sistem sumber daya manusia berbasis teknologi cloud terkonfigurasi yang memang dimodifikasi oleh tim HR Path untuk memudahkan customer dalam bertransformasi digital,” ucapnya.


Sumber: Republika 

Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

Pebisnis Muslim News adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar