majalahtabligh.com

Ini Cara Dapatkan Listrik Gratis untuk Pelanggan Subsidi


JAKARTA -- Pemerintah telah memutuskan memberikan subsidi listrik gratis pada pelanggan listrik 450 VA dan 900 VA. Penggratisan listrik ini menyusul imbas penularan virus corona SARS-CoV2 (Covid-19). 

Wakil Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Darmawan Prasodjo mengungkapkan diskon listrik ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu. Pembebasan listrik itu untuk 24 juta pelanggan 450 VA ditambah dengan diskon 50 persen listrik untuk tujuh juta pelanggan 900 VA yang bersubsidi. 

"Kenapa saya tekankan yang bersubsidi? Karena ada pelanggan 900 VA yang nonsubsidi atau R1 M," ujarnya saat video conference di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jumat (3/4).

PLN langsung melaksanakan instruksi presiden per 1 April 2020. Skenario pelaksanaan untuk pelanggan 450 VA yang pascabayar, rekening listriknya otomatis gratis di akhir bulan. Sementara pelanggan 450 VA yang menggunakan token, maka setiap bulan pihak PLN memberikan token gratis yang besarannya berdasarkan pemakaian bulanan tertinggi mereka dalam tiga bulan terakhir. 

"Sedangkan untuk 900 VA pascabayar jangan khawatir, nanti tagihan rekening listriknya 50 persen di akhir bulan khusus pelanggan 900 VA R1 yang bersubsidi," katanya. 

Ia menambahkan, masyarakat bisa mengakses informasi ke nomor Whatsapp 08122123123, mengetik apa saja kemudian langsung mendapatkan balasan. Setelah itu masukkan ID pelanggan. Akan ada kode token listrik gratis yang bisa dimasukkan ke KWh milik pelanggan. 

Kendati demikian, ia mengakui nomor tersebut saat ini memang sedikit bermasalah saat diakses. Hal itu karena pihak Whatsapp yang sedang memperbaiki dan menambah kemampuan servernya karena antisipasi traffic yang sangat tinggi. 

"Insya Allah nomor ini bisa berjalan mulai Senin (pekan depan)," ujarnya.

Selain nomor Whatsapp, masyarakat bisa mencari tahu informasi lebih detil dengan mengakses laman resmi www.pln.co.id dan ada sub menu stimulus Covid-19. Kemudian, pelanggan diminta memasukkan nomor ID pelanggan dan nomor token listrik akan ditampilkan. Begitu didapatkan, nomor token itu bisa langsung dimasukkan ke KWh meter sesuai arahan pemerintah. []

Sumber: Republika
Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

Pebisnis Muslim News adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar