5 Tempat Liburan Edukasi Anak di Jabodetabek


Bepergian jauh dan menikmati liburan di luar kota mungkin menjadi salah satu pilihan yang menyenangkan. Namun, tidak untuk sekarang ini yang kondisinya masih diwabahi pandemi corona atau Covid-19. Dengan liburan ke luar kota, baik menggunakan pesawat atau kereta sangat rentan terkena penularan virus tersebut.

Jangan mengambil risiko, sebaiknya stay at home di kala pandemi seperti ini sangat dianjurkan. Akan tetapi, sebenarnya ada banyak destinasi wisata di Jabodetabek yang bisa dijadikan sebagai lokasi berlibur Anda dan keluarga. Jangan hanya bermain dan menghabiskan waktu di mall saja. Jikajeli, maka Anda akan menemukan banyak lokasi wisata yang menyenangkan, bahkan untuk anak-anak juga. Terutama jika Anda membawanya ke berbagai tempat wisata edukasi, di mana mereka bisa lebih dekat untuk mempelajari lingkungan hidup dan alam.

Rencanakan liburan Anda dengan matang dan pilih tempat-tempat wisata yang berbeda dan mungkin belum pernah Anda dan keluarga kunjungi selama ini. yang terpenting, tempat wisata tersebut sudah menerapkan protokol kesehatan pencegahan virus. Dengan begitu, liburan tetap aman dan menyenangkan.

Berikut beberapa lokasi wisata di Jabodetabek ini, bisa Anda jadikan sebagai tempat liburan edukasi tepat bagi anak-anak.

1. Alam Sutera Family Park

Tempat ini sangat luas dan memiliki berbagai fasilitas di dalamnya, sehingga anak-anak akan sangat nyaman ketika berkunjung ke sana. Alam Sutra Family Park memiliki area khusus yang disebut dengan Kampoeng Maen, tempat di mana anak-anak bisa menemukan aneka permainan dan bermain di sana dengan sangat nyaman dan juga menyenangkan. Terdapat berbagai ukuran kolam, bahkan untuk anak-anak berusia balita sekalipun, sehingga Anda tidak perlu cemas ketika membiarkan mereka menikmati liburannya bersama dengan anak-anak lainnya di sana.

Alam Sutra Family Park akan memberikan nuansa liburan yang berbeda, di mana Anda dan keluarga bisa menghabiskan waktu liburan dengan cara piknik dan mendirikan tenda di sana. Kegiatan ini tentu akan sangat menyenangkan, terutama jika anda sekeluarga begitu senang dengan berbagai kegiatan di luar rumah.

Bukan hanya itu saja, tempat ini juga memiliki area yang hijau dan rindang. Suasananya begitu sejuk dan nyaman, sehingga Anda dan keluarga akan sangat betah untuk berlama-lama di sana. Liburan ke tempat ini akan membawa Anda pada nuansa liburan yang sangat berbeda dengan beragam destinasi lainnya di Jabodetabek.

2. Kandank Jurank Doank

Belajar sekaligus bermain? Hal ini tentu akan sangat menyenangkan bagi anak-anak dan di Kandank Jurank Doank Anda bisa memberikan kedua hal tersebut bagi mereka. Liburan di tempat ini akan membuat anak-anak anda merasakan senangnya belajar dengan suasana yang berbeda dari biasanya, sebab tempat ini memang dirancang untuk membuat anak-anak begitu dekat dengan alam dan juga lingkungan terbuka di sekitarnya.

Kandang Jurang merupakan sebuah area bermain dan juga belajar yang didirikan oleh musisi Dik Doank. Pada awalnya, tempat ini hanya berupa sekolah alam saja, namun seiring dengan berjalannya waktu, Kandank Jurank kini menjadi sebuah lokasi wisata yang sangat nyaman dan banyak dikunjungi orang. Tempat ini begitu rimbun dan nyaman bagi siapa saja yang datang berkunjung ke sana, bahkan bagi anak-anak juga. Mereka akan betah dan senang menghabiskan masa liburan mereka di Kandank Jurank Doank.

3. Godong Ijo

Lokasi wisata yang terletak di Sawangan, daerah Depok ini juga bisa dijadikan sebagai tempat liburan bagi anak-anak Anda. Tempat ini memiliki beragam fasilitas pendukung yang sangat lengkap dan dijamin akan membuat liburan Anda dan keluarga menjadi begitu nyaman dan menyenangkan. Godong Ijo memiliki sejumlah sarana, seperti: green house, vertical garden, beragam wahana permainan, restoran, dan  berbagai fasilitas lainnya.

Tempat yang berada di pinggir jalan raya ini bahkan memiliki beragam sarana permainan yang edukatif dan tentunya ini sangat tepat jika dinikmati oleh anak-anak. Di sini mereka bisa belajar mengenai banyak hal yang akan membuat wawasan mereka bertambah dan liburan mereka berlalu dengan menyenangkan.

4. Planetarium

Satu lagi lokasi wisata yang harus dijadikan sebagai destinasi liburan anak-anak adalah Planetarium. Di tempat ini anak-anak dapat belajar mengenai berbagai hal tentang astronomi. Mungkin bukan hanya anak-anak saja, bahkan anda juga akan sangat menyukai tempat ini nantinya.

Planetarium telah berdiri sejak puluhan tahun yang lalu, sehingga banyak orang yang beranggapan bahwa ini adalah sebuah lokasi wisata yang sudah tidak populer dan jarang dikunjungi saat ini. Namun, pandangan tersebut tentu tidaklah sesuai dengan beragam pengetahuan yang bisa Anda kenalkan kepada anak-anak. Di tempat ini terdapat teater bintang, di mana Anda sekeluarga bisa menikmati berbagai macam cerita mengenai tata surya dan terbentuknya alam semesta.

Di tempat ini, anak-anak juga bisa menyaksikan berbagai macam rasi bintang dan juga beragam benda langit lainnya. Tidak ada salahnya anda sekeluarga menikmati liburan di Planetarium, tempat yang berada di wilayah Cikini, Jakarta Pusat ini akan membawa Anda dan juga anak-anak anda pada sebuah liburan yang sangat menarik dan berbeda dari biasanya.

5. Tanah Tingal

Bosan hanya menikmati liburan di kota dengan suasana yang itu-itu saja? Artinya, Anda dan keluarga harus mencoba untuk berlibur ke Tanah Tingal. Tempat ini akan memberikan suasana yang sangat berbeda, di mana Anda dan keluarga bisa menikmati suasana hutan wisata yang terdapat di sana. Ini tentu akan sangat berbeda dari liburan-liburan anda yang sebelumnya.

Tanah Tingal memiliki sejumlah tanaman bunga dan juga beragam spesies lainnya yang mungkin sangat jarang Anda temui di tempat lainnya. Di sini Anda bisa mengajak anak-anak untuk menikmati udara hutan wisata yang bersih dan sejuk. Pepohonan rindang dan juga beragam kegiatan bermain anak yang akan membuat anak-anak menjadi betah dan juga senang.

Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Meski saat ini masih PSBB transisi karena pandemi Covid-19 yang belum usai, tapi bukan berarti Anda dan keluarga tidak bisa menikmati liburan panjang di akhir tahun ini. Selain di rumah saja dengan berbagai kegiatan menarik, Anda bisa mengajak anak-anak liburan sambil belajar di beberapa tempat rekreasi di jabodetabek. Agar liburan menyenangkan dan tetap aman dari penularan virus penyakit, Anda dan anak-anak sangat penting menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, mulai dari menggunakan masker, menjaga jarak aman, sesering mungkin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan handsanitizer.

Sumber : Republika

Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

PebisnisMuslim.com adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar